Comscore Tracker

Nicke Widyawati Masuk Top 50 Most Powerful Women Versi Fortune

Nicke bersanding dengan nama-nama besar dunia

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati masuk ke dalam The 50 Most Powerful Women yang dirilis oleh Fortune Media. Nicke menempati posisi ke 50 dalam pemeringkatan tersebut.

Dalam rilis pemeringkatan oleh Fortune, disebutkan bahwa pendapatan Pertamina naik 39 persen menjadi 57,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada tahun lalu, dan laba melonjak 95 persen.

Nicke sudah menginjak tahun keempatnya sebagai dirut perusahaan minyak dan gas milik negara. Kini dia harus menavigasi pusaran masalah geopolitik yang semakin kompleks, dengan status Pertamina sebagai importir bensin terbesar di Asia.

Melalui penataan ulang perusahaan, Pertamina mendorong lebih jauh menuju energi yang lebih hijau. Setidaknya 14 persen dari investasinya digunakan untuk energi terbarukan, di mana Nicke memimpin gugus tugas bisnis energi pada Forum G20 kali ini.

Baca Juga: Profil Nicke Widyawati, Dirut Pertamina yang Hobinya Kerja

1. Perempuan kedua yang jadi Dirut Pertamina

Nicke Widyawati Masuk Top 50 Most Powerful Women Versi FortuneDirektur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. Dok.Pertamina

Nicke Widyawati adalah perempuan kedua yang menjadi Dirut Pertamina setelah Karen Agustina menjabat pada periode 2009-2014 lalu.

Sebelum menjadi dirut definitif, Nicke merupakan Plt Dirut Pertamina sejak 20 April 2018, menggantikan posisi Elia Massa Manik yang diberhentikan pada awal 2018. Nicke diangkat sebagai dirut definitif melalui Surat Keputusan dengan Nomor SK 232/MBU/08/2018 Tanggal 29 Agustus 2018, oleh Menteri BUMN saat itu, Rini Soemarno.

Dikutip dari situs Pertamina.com, Nicke Widyawati merupakan lulusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB)  tahun 1991. Ia berhasil menggondol gelar insinyur Teknik Industri pada usia 24 tahun.

Belasan tahun kemudian, Nicke Widyawati melanjutkan studinya ke jenjang S2 Hukum Bisnis di Universitas Padjadjaran, tahun 2009.

2. Dinilai mampu mentransformasi Pertamina dan raih kinerja terbaik

Nicke Widyawati Masuk Top 50 Most Powerful Women Versi FortuneDirektur Pertamina Nicke Widyawati di Blok Rokan milik Pertamina, Riau, Senin (8/8/2022). (IDN Times/Uni Lubis)

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) telah mengukuhkan Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama Pertamina untuk periode kedua.

Penetapan tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara No SK-199/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina yang ditandatangani Senin, (19/9) lalu.

Pemegang saham menilai Nicke mampu mengantarkan Pertamina menjalankan transformasi perusahaan, sekaligus meraih kinerja terbaik sepanjang periode pertama kepemimpinannya yakni April 2018 hingga September 2022.

3. Daftar Fortune Most Powerful Women peringkat 1 sampai 10

Nicke Widyawati Masuk Top 50 Most Powerful Women Versi FortuneIlustrasi Wanita Karir (IDN Times/Mardya Shakti)

Peringkat pertama dalam daftar Fortune Most Powerful Women diisi oleh Karen Lynch, Presiden sekaligus CEO CVS Health. Perusahaan ini menghasilkan pendapatan 292 miliar dolar AS pada 2021, melonjak 9 persen dari tahun ke tahun, sementara laba naik 10 persen menjadi hampir 8 miliar dolar AS.

Selanjutnya di posisi kedua ada Julie Sweet, Chairman dan CEO Accenture. Pendapatan Accenture selama tahun fiskal 2022 naik menjadi 61,6 miliar dolar AS atau meningkat 22 persen dari tahun sebelumnya, dan tenaga kerja globalnya sekarang berjumlah 721 ribu karyawan.  

Berikut daftar lengkap peringkat 1 sampai 10:

  1. Karen Lynch - CVS Health
  2. Julie Sweet - Accenture
  3. Jane Fraser - Citigroup
  4. Mary Barra - General Motors
  5. Jessica Tan - Ping An
  6. Carol Tome - UPS
  7. Rosalind Brewer - Walgreens Boots Alliance
  8. Emma Walmsley - GSK
  9. Gail Boudreaux - Elevance Health
  10. Abigail Johnson - Fidelity Investments

Baca Juga: Pemegang Saham Kembali Kukuhkan Nicke Sebagai Dirut Pertamina

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya