Pemerintah Segera Bahas Detail Anggaran Program Prabowo-Gibran

Sebelumnya sudah dibahas secara garis besar

Intinya Sih...

  • Pemerintah akan membahas program-program pemerintahan baru Prabowo-Gibran secara detail, termasuk dalam rapat KEM-PPKF 2025.
  • Tidak ada pembahasan dengan tim transisi karena program Prabowo-Gibran dianggap berkelanjutan dan masuk dalam postur APBN 2025.
  •  

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah akan membahas lebih detail program-program di pemerintahan baru Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo-Gibran resmi dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden (pilpres) 2024 berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa hasil pilpres.

Sebagai langkah awal, pemerintah sudah membahasnya dalam rapat mengenai kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM-PPKF) 2025. Postur dari masing-masing instansi telah disampaikan kepada seluruh kementerian/lembaga oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Tentu sesudah itu, dalam agenda penyusunan APBN, nanti itu akan dibahas lebih detail lagi,” ujar Airlangga saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024).

Baca Juga: Pemerintah Janji Program Makan Siang Gratis Tak Utak-atik BOS Reguler

1. Tidak ada pembahasan dengan tim transisi karena usung keberlanjutan

Pemerintah Segera Bahas Detail Anggaran Program Prabowo-GibranGibran memaparkan pernyataan pamungkas secara lugas mengenai bonus demografi ke depan, yang harus bisa dimanfaatkan demi Indonesia emas. (Dok. TKN Prabowo-Gibran)

Airlangga menjelaskan tidak ada pembahasan yang berdampingan dengan tim transisi karena Prabowo-Gibran sendiri mengusung visi-misi berkelanjutan dari pemerintahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Airlangga menjelaskan, seluruhnya masuk dalam postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

“Tidak ada (pembahasan dengan tim transisi), karena ini kan berkelanjutan, seluruhnya masuk dalam postur APBN,” ujar Airlangga.

Baca Juga: BI Dukung Makan Siang Gratis Asal Tak Ganggu Stabilitas Keuangan

2. Belum ada pembahasan menteri-menteri di pemerintahan Prabowo

Pemerintah Segera Bahas Detail Anggaran Program Prabowo-GibranMenteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Dokumentasi Media Menhan)

Pria yang juga sebagai Ketua Umum Partai Golkar itu menyatakan, belum ada pembahasan terkait calon menteri di pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Golkar sendiri merupakan salah satu partai pengusung calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua tersebut dalam pemilu 2024.

“Belum (ada pembahasan jatah menteri), (hasil sengketa pilpres di MK) baru diputus tadi,” kata Airlangga.

3. Akan ada rapat lanjutan setelah Prabowo-Gibran ditetapkan KPU

Pemerintah Segera Bahas Detail Anggaran Program Prabowo-Gibranilustrasi pemilu (dok. IDN Times/ Agung Sedana)

Airlangga mengungkapkan, pertemuan terdekat dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) maupun dengan Prabowo-Gibran secara langsung akan dilakukan setelah penetapan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) diumumkan.

KPU menindaklanjuti putusan MK yang diumumkan pada Senin (22/4/2024) tentang penetapan pemenang pemilu 2024, yaitu Prabowo-Gibran. Dalam hal ini, KPU siap melakukan tahap selanjutnya, yakni menetapkan paslon nomor urut dua tersebut sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

“Ya tentu nanti sesudah diputus dalam KPU secara resmi akan ada rapat-rapat lanjutannya,” ucap Airlangga.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya