Comscore Tracker

Puan: Kita Harus Mulai Mengurangi Kecanduan Ekspor Komoditas

Puan dukung penguatan terhadap industri nasional

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI, Puan Maharani mendorong pemerintah untuk mengurangi ketergantungan terhadap ekspor komoditas. Hal itu disampaikan Puan dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022–2023, Selasa (16/8/2022).

Menurutnya Indonesia harus dapat memberikan nilai tambah terhadap komoditas ekspor yang ada di dalam negeri. Untuk itu, Indonesia perlu memperkuat kebijakan investasi untuk mendukung industri nasional.

"Perlahan kita harus mulai mengurangi kecanduan ekspor komoditas. Kita perlu memperkuat kebijakan investasi yang diarahkan pada menguatnya industri nasional dalam mengelola nilai tambah komoditas ekspor," ujar Puan.

Dia juga menyoroti pesatnya perkembangan teknologi, seiring tuntutan dunia terhadap ekonomi ramah lingkungan yang akan mendorong penggunaan teknologi baru dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA).

Politik pembangunan, lanjut Puan, harus memiliki prinsip pembangunan berkelanjutan terhadap pengelolaan sumber daya alam.

"Inovasi teknologi dan perkembangan sains akan membuat dunia ke depan menjalani perubahan yang lebih cepat. Kita menghadapi level playing field yang tidak sama dalam hal kemajuan teknologi. Negara-negara maju mencapai beberapa langkah kedepan dalam pencapaian inovasi teknologi di banyak bidang," tuturnya.

Oleh karenanya, Puan menilai dalam menghadapi itu semua, tidak ada pilihan bagi Indonesia untuk tidak investasi besar-besaran pada sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga: Pidato Lengkap Ketua DPR Puan Maharani di Sidang Tahunan MPR RI 2022

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya