Comscore Tracker

Puan Ungkap Ancaman yang Bisa Bikin Pemulihan Ekonomi Indonesia Mandek

Banyak tantangan yang bisa menahan laju pemulihan ekonomi

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengungkapkan berbagai tantangan yang dapat menahan laju pemulihan ekonomi dunia, termasuk Indonesia. Hal itu disampaikan Puan dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022–2023, Selasa (16/8/2022).

Berbagai ancaman itu, disebutkan Puan, yakni lonjakan harga komoditas strategis, kerentanan pangan, kerentanan energi dan peningkatan inflasi global, serta ancaman stagflasi.

"Ke depan pembangunan nasional kita menghadapi berbagai tantangan yang berat. Di tengah pandemik yang sudah semakin terkendali, dunia kembali dihadapkan pada peningkatan risiko lainnya yang berpotensi menahan keberlanjutan pemulihan perekonomian global dan nasional," ujar Puan.

Dia menilai ancaman tersebut bakal berdampak besar bagi perekonomian Indonesia, khususnya dari sisi fiskal dan moneter yang akan mempengaruhi investasi, daya beli masyarakat, kemampuan keuangan negara, dan pemulihan ekonomi nasional.

Selain menghadapi tantangan global, kata Puan, pembangunan nasional Indonesia juga dihadapkan pada sejumlah tantangan dalam negeri, khususnya pemulihan ekonomi nasional dan penyelesaian sejumlah agenda pembangunan yang tertunda.

"Serta berbagai permasalahan struktural dalam pembangunan," tambah Puan.

Baca Juga: Puan Ingatkan Pemerintah Antisipasi Krisis Pangan dan Energi

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya