Comscore Tracker

Rupiah Tancap Gas di Awal Pekan, Tembus Rp15.369 per Dolar AS

Rupiah menguat ke Rp15.369 per dolar AS

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar atau kurs rupiah masih melanjutkan penguatan terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pagi ini, Senin (5/12/2022).

Mengutip Bloomberg, kurs rupiah menguat 56,5 poin ke level Rp15.369 per dolar AS pada pembukaan perdagangan awal pekan ini. Pada penutupan perdagangan Jumat (2/12/2022), kurs rupiah juga ditutup menguat ke Rp15.425,5 atau 137 poin (0,88 persen).

Hingga pukul 09.35 WIB, penguatan rupiah menipis menjadi sebesar 26 poin atau 0,17 persen ke level Rp15.399,5.

1. Rupiah menguat karena sentimen the Fed berlanjut

Analis PT Sinarmas Futures, Ariston Tjendra mengatakan, rupiah lanjut menguat karena pasar masih mempercayai bank sentral AS atau Federal Reserve (the Fed) akan mengendurkan kenaikan suku bunga acuannya ke depan.

"Apalagi banyak analis memperkirakan resesi akan melanda perekonomian AS di mana situasi ini akan mendorong the Fed untuk tidak memberlakukan kebijakan moneter yang sangat ketat," tuturnya.

Senada, Analis DCFX Futures, Lukman Leong mengatakan rupiah menguat terhadap dolar AS setelah pernyataan dovish dari the Fed akan kenaikan suku bunga.

"Walau demikian, penguatan rupiah mungkin dibayang-bayangi aksi profit taking setelah penguatan yang sangat besar akhir-akhir ini," ujar Lukman.

2. Longgarnya pengetatan di China bantu penguatan rupiah

Dijelaskan Ariston lebih lanjut, sikap pemerintah China yang melonggarkan pembatasan aktivitas karena COVID-19 juga membantu memberikan sentimen positif ke aset berisiko.

"Kebijakan ini bisa mendukung pertumbuhan ekonomi China dan membantu perekonomian negara partnernya. Ini bisa mendukung penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini," tambah Ariston.

3. Proyeksi pergerakan rupiah hari ini

Arison melihat rupiah punya potensi mengalami penguatan ke arah Rp15.380, dengan potensi resisten di kisaran Rp15.450 per dolar AS.

Sedangkan Lukman, memproyeksikan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada hari ini akan berada di kisaran Rp15.350 hingga Rp15.500.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya