Comscore Tracker

Sri Mulyani Puji Basuki Hadimuljono Bapak Pembangunan Indonesia

Singgung rambut putih dan kulit berkerut

Jakarta, IDN Times -  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Bapak Pembangunan yang sesungguhnya. Menurutnya Menteri PUPR telah memberikan hasil karya nyata kepada negara.

"Jadi saya ingin berterima kasih kepada kepemimpinan Pak Bas dan seluruh jajaran PUPR. Kita sering menyampaikan Pak Bas adalah Bapak Pembangunan, the truly Bapak Pembangunan Indonesia," kata Sri Mulyani dalam acara serah terima hibah barang milik negara tahap II, Rabu (7/12/2022).

Bendahara negara itu menyampaikan terima kasih kepada Menteri PUPR atas seluruh dedikasinya dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Semoga seluruh jajaran di Kementerian PUPR akan terus mengemban amanah ini secara baik dan terus mengembalikan dan membangun kepercayaan rakyat secara maksimal," tuturnya.

Baca Juga: Basuki Dapat Pujian Anggota DPR: Menteri PUPR Terbaik di Indonesia

1. Singgung rambut putih dan wajah berkerut

Sri Mulyani Puji Basuki Hadimuljono Bapak Pembangunan Indonesia

Beberapa waktu lalu Presiden Joko "Jokowi" Widodo melontarkan opini soal ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat, di antaranya terlihat dari muka yang berkerut dan berambut putih. Sri Mulyani menyandingkan ciri-ciri tersebut kepada Basuki.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Pak Bas yang luar biasa sebagai pimpinan dan Menteri PUPR yang kalau dilihat dari rambutnya menurut Bapak Presiden, itu berarti setiap detik memikirkan rakyat karena rambutnya putih dan kulitnya berkerut," ujarnya.

Baca Juga: Soal Pria Berambut Putih Ucapan Jokowi, Menteri Basuki Kena Sorot

2. Pekerjaan Sri Mulyani terbantu oleh Menteri PUPR

Sri Mulyani Puji Basuki Hadimuljono Bapak Pembangunan IndonesiaMenteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Sri Mulyani mengaku tugasnya sebagai Menteri Keuangan sedikit terbantu oleh Kementerian PUPR. Sebab, masyarakat jadi menyadari untuk apa uang negara dibelanjakan oleh pemerintah.

"Orang baru merasa APBN itu hidup angkanya dengan melihat hasilnya. Jadi dalam hal ini tugas Pak Bas yang sangat penting bagi kami adalah menjembatani dan menolong untuk mengkomunikasikan anggaran pendapatan belanja dan keuangan negara secara konkret," tuturnya.

Dia mengatakan pemerintah sudah menggelontorkan subsidi BBM dan subsidi listrik kepada masyarakat. Namun itu sulit dikomunikasikan kepada masyarakat karena wujudnya tidak terlihat, berbeda dengan infrastruktur.

"Yang terlihat barangnya dan memang mudah mengkomunikasikan adalah kalau belanja negara itu dalam bentuk belanja untuk menghasilkan aset atau barang milik negara, yaitu membangun infrastruktur," tambahnya.

Baca Juga: Basuki Dapat Pujian Anggota DPR: Menteri PUPR Terbaik di Indonesia

3. Kementerian PUPR hibahkan BMN Rp233 triliun

Sri Mulyani Puji Basuki Hadimuljono Bapak Pembangunan IndonesiaIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Hari ini dilakukan serah terima hibah barang milik negara (BMN) tahap II oleh Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) senilai Rp233 triliun. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima hibah senilai Rp217 triliun dari negara.

"Tahun 2021 sebanyak Rp233 triliun itu adalah jalan raya yang tadi dibangun dengan uang negara di dalam anggarannya PUPR, sesudah jadi sekarang dihibahkan ke pemerintah daerah, yaitu dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI yang mendapatkan Rp217 triliun," kata Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjelaskan bahwa Kementerian PUPR menghibahkan BMN senilai Rp18,3 triliun pada 2019. Kemudian BMN yang dihibahkan pada 2020 senilai Rp14,3 triliun.

"Dan tahun 2021 meloncat ke Rp233 triliun barang yang dihibahkan," tambahnya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya