Comscore Tracker

Wajah TMII Akan Berubah Total di Akhir 2023

Proses revitalisasi masih berlanjut

Jakarta, IDN Times - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah kembali dibuka sejak 20 November 2022, namun baru dibuka secara terbatas dengan kuota 5 ribu pengunjung per hari. Sebab, proses revitalisasi dan renovasi masih terus dilakukan.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo memaparkan bahwa proses revitalisasi TMII terdiri atas tiga tahap, di mana tahap pertama fokus pada infrastruktur.

"Tahap pertama ini memang fokusnya adalah infrastruktur sebagaimana kita lihat sekarang ini seluruh kawasan Taman Mini diperbarui infrastruktur khususnya memang vocal point-nya ada di danau, di mana ada peta Indonesia yang baru," katanya dalam konferensi pers di kawasan TMII, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: Proyek MRT Jakarta Fase 4 Koridor Fatmawati-TMII Resmi Libatkan Korea

1. Tahap 2 akan dilakukan peremajaan terhadap wahana di TMII

Wajah TMII Akan Berubah Total di Akhir 2023TMII (Instagram/tmiiofficial)

Selanjutnya untuk tahap dua sedang dilakukan pemilihan terhadap beberapa wahana yang ada di dalam Taman Mini untuk dilakukan perbaikan, apakah itu taman burung, IMAX maupun beberapa museum.

"Jadi kita sedang konsepkan, baik oleh BUMN ataupun kerja sama dengan swasta untuk kita mulai lakukan peremajaan, revitalisasi daripada beberapa wahana. Ini tentunya sedang dalam proses bisnis, pada saatnya kita umumkan," tuturnya.

Harapannya, lanjut pria yang akrab disapa Tiko itu, Maret atau Juli 2023 nanti sudah mulai bisa dibuka beberapa wahana yang telah direvitalisasi.

Baca Juga: Asyik TMII Buka Lagi Hari Ini, Begini Cara Dapatkan Tiketnya

2. Komersialisasi kawasan tunggu serah terima dari Kementerian PUPR

Wajah TMII Akan Berubah Total di Akhir 2023Google Image

Untuk selanjutnya, dijelaskan Tiko, akan mulai dilakukan konsep komersialisasi kawasan, di antaranya adalah keberadaan restoran, dalam hal ini area makanan dan minuman atau food and beverage.

"Ini belum serah terima jujur aja dari Kementerian PUPR, masih proses. Nanti bulan Maret serah terima ya. Setelah Maret serah terima nanti memang kita baru akan mulai melakukan komersialisasi kawasan sebetulnya, dengan perjanjian kerja sama untuk kuasa pengelolaan daripada aset yang ini merupakan barang milik negara. Nanti baru bertahap," tuturnya.

3. Wajah baru TMII akan terlihat sepenuhnya pada akhir 2023

Wajah TMII Akan Berubah Total di Akhir 2023Suasana Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Rabu (27/10/2021). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Tiko menjelaskan bahwa wajah baru TMII baru akan terlihat sepenuhnya di penghujung 2023 mendatang. Jadi, masyarakat dapat menyaksikan perubahan total di Taman Mini Indonesia Indah.

"Mungkin semua ini nanti baru benar-benar bisa fully dirasakan masyarakat itu suasana barunya mungkin baru di akhir 2023," sebutnya.

Jadi, sementara ini TMII dibuka terbatas untuk melakukan uji coba ke masyarakat. Pihaknya meminta maaf kepada masyarakat apabila masih dirasakan ada kekurangan.

"Karena kemarin dalam proses pembukaan awal di tanggal 20 kita memang masih perlu sosialisasi lagi, karena memang salah satu yang diinginkan tadi dengan 4 pilar, green tadi memang ini kita ingin jadi kawasan yang bebas emisi. Tentunya harapannya masyarakat meninggalkan mobilnya di luar dan mereka masuk menggunakan EV (kendaraan listrik). Kita juga sedang scale up," tambah Tiko.

Baca Juga: Pedagang Dukung Bupati Kediri Sidak Proyek Revitalisasi Pasar Wates  

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya