Comscore Tracker

Viral Alphard Menkeu Masuk Apron Bandara, Komisi XI: Lagi Apes Ibu

Toyota Alphard masuk apron bandara sesuai protokol

Jakarta, IDN Times -  Anggota Komisi XI DPR RI fraksi Partai Golkar Melchias Markus Mekeng menyebut Menteri Keuangan, Sri Mulyani tengah "apes" karena viralnya mobil Toyota Alphard yang digunakannya masuk ke apron Bandara Soekarno-Hatta.

"Pegawai pajak yang baik-baik juga banyak tetapi mereka akibatnya muka mereka tercoreng termasuk muka ibu tercoreng. Sampai ibu naik alphard aja disorot, yang naik alphard aja bukan hanya ibu. Seluruh menteri seluruh pengusaha, pengusaha banyak saya lihat Bu turun dari pesawat nyelonong ke bawah naik kemudian ditunggu, jadi istilah orang Betawi bilang lagi apes ibu," ucapnya dalam rapat dengan Menteri Keuangan di DPR, Senin (27/3/2023).

Ia menegaskan saat ini, sosok Menkeu tengah menjadi sorotan publik seiring munculnya kasus pegawai berharta fantastis salah satunya Rafael Alun Trisambodo hingga pegawai bea cukai.

Meski demikian, Mekeng optimistis bahwa Menkeu memiliki integritas.

Baca Juga: Viral Mobil Alphard-Bea Cukai di Apron Bandara, AP II Angkat Suara

1. Menkeu tegaskan tak langgar aturan

Viral Alphard Menkeu Masuk Apron Bandara, Komisi XI: Lagi Apes IbuViral Toyota Alphard dan mobil Bea Cukai di apron bandara (Facebook/Peter F Gontha)

Ditemui terpisah, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan soal mobil Alphard dirinya yang masuk ke apron Bandara Soekarno-Hatta juga masuk dalam protokol yang didapatkan dari Angkasa Pura dan Direktorat Bea dan Cukai.

"Pertama, itu adalah protokol yang selama ini diberikan kepada saya dan kalau saya di Cengkareng biasanya memang sengaja ke kantor Bea Cukai untuk sekaligus menanyakan anak buah hari ini bagaimana," kata Sri Mulyani di DPR, Senin (27/3).

Ia menjelaskan saat dirinya turun di apron Bandara, sembari  berkomunikasi dengan jajaran Bea Cukai untuk mengetahui update kantor Bea Cukai setempat, termasuk apa saja barang tegahan yang diamankan hari itu.

"Bedanya yang lain tidak melakukan itu (Alphard masuk apron) karena ada tempat sendiri. Kalau saya karena Bea Cukai ada di bawah Kemenkeu jadi saya melakukan sekaligus merupakan kesempatan buat saya untuk diskusi, ngecek, ngobrol sama kepala kantor wilayahnya, mendengar apa-apa yang dilakukan," kata Sri Mulyani.

Baca Juga: Alasan ACT Beli Mobil Alphard sebagai Operasional, untuk Muliakan Tamu

2. Menkeu sesuai SOP

Viral Alphard Menkeu Masuk Apron Bandara, Komisi XI: Lagi Apes IbuIlustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Senior Manager (SM) of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi mengatakan, hal tersebut memang bisa terjadi dalam kondisi tertentu serta sesuai prosedur (SOP) yang berlaku antar-instansi.

"PT Angkasa Pura II menyampaikan bahwa dalam kondisi tertentu serta sesuai prosedur (SOP) yang berlaku antar-instansi, terdapat kegiatan keprotokolan dalam penanganan VIP yang dijalankan oleh instansi-instansi terkait di bandara yang dikelola perseroan," ucap Holik dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Minggu (26/3/2023).

Baca Juga: Kronologi Kasus Transaksi Mencurigakan Rp349 Triliun versi Menkeu

3. Sesuai aspek keselamatan

Viral Alphard Menkeu Masuk Apron Bandara, Komisi XI: Lagi Apes IbuDok. Angkasa Pura II

Selain sesuai dengan SOP, Holik juga memastikan kendaraan yang masuk ke apron bandara juga telah memperhatikan aspek keselamatan.

"Kegiatan keprotokolan yang dijalankan dipastikan sesuai SOP yang berlaku, termasuk mencakup antara lain pengaturan personel, perlengkapan serta penggunaan tanda Platform di kendaraan pada Daerah Keamanan Terbatas (DKT) dengan tetap mempertimbangkan keamanan dan keselamatan penerbangan," tutur dia.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya