Comscore Tracker

Blue Bird Benarkan Gojek Caplok Sahamnya

Saham emiten berkode BIRD itu dibeli Rp3.800 per lembar

Jakarta, IDN Times - Kabar pembelian saham perusahaan transportasi PT BLue Bird Tbk oleh PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, perusahaan yang membidani Gojek, bukan isapan jempol. Manajemen emiten berkode BIRD itu membenarkan sahamnya dicaplok Gojek. Selama ini kedua perusahaan memang telah bermitra.

"Dapat kami sampaikan, bahwa benar PT Aplikasi Karya Anak Bangsa melakukan pembelian saham di PT Blue Bird Tbk (BIRD) dengan harga Rp.3.800 per saham," kata Corporate Secretary Blue Bird Jusuf Salman dalam keterbukaan informasi kepada PT Bursa Efek Indonesia, Jumat (21/2).

Salman menuturkan, pembelian saham itu sebagai kelanjutan kolaborasi antara Blue Bird dengan Gojek.

Pernyataan Blue Bird ini dilakukan merujuk pada permintaan penjelasan oleh Bursa Efek Indonesia melalui surat nomor S-01184/BEI.PP3/02-2020 tanggal 19 Februari 2020 perihal Permintaan Penjelasan Atas Pemberitaan di media massa.

Baca Juga: IMS 2020: Tiga Fakta Co-CEO Gojek Andre Soelistyo 

1. Gojek resmi beli saham Blue Bird pada 13 Februari 2020

Blue Bird Benarkan Gojek Caplok SahamnyaIDN Times/Indiana Malia

Sementara dalam keterangan tertulisnya, Direktur Utama PT BLle Bird Tbk Noni Purnomo mengatakan, pembelian saham tersebut dilakukan pada 13 Februari 2020 lalu. Pembelian saham ini menjadikan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa menjadi salah satu pemegang saham minoritas "Kepemilikan saham BIRD oleh PT Pusaka Citra Djokosoetono masih tercatat sebagai pemegang saham pengendali dengan kepemilikan saham sebesar 31,51 persen," kata Salman.

Melalui kerjasama ini, nantinya GoPay akan mengimplementasikan kode QRIS sebagai salah satu metode pembayaran di taksi Blue Bird. GoPay juga akan terintegrasi ke dalam aplikasi MyBluebird.

"Bergabungnya PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sebagai salah satu pemegang saham menunjukkan bahwa PT Blue Bird Tbk sebagai penyedia transportasi merupakan partner yang strategis bagi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Kami juga yakin langkah ini akan semakin memperkuat kolaborasi antara kedua belah perusahaan, sekaligus mendukung usaha perusahaan untuk secara konsisten meningkatkan layanan Blue Bird terhadap konsumen,” ujar Noni

2. Kolaborasi transportasi dan pembayaran online

Blue Bird Benarkan Gojek Caplok SahamnyaIDN Times/Reynaldy Wiranata

Direktur Utama Blue Bird Group Holding Kresna Djokosoetono, menambahkan, pihaknya menaruh kepercayaan terhadap Gojek, di mana hal tersebut juga terwujud melalui pembelian saham.

Sementara itu Co-CEO dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa Andre Soelistyo menuturkan, Gojek merupakan salah satu layanan platform terbesar untuk konsumen di Asia Tenggara tidak dapat dicapai tanpa partner kuat yang memungkinkan perusahaan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Peningkatan kerjasama dengan Blue Bird merupakan bukti nyata untuk hal ini dan memungkinkan kami untuk meningkatkan dua layanan utama kami di Indonesia, yaitu pembayaran dan transportasi,” katanya.

3. Gojek kucurkan uang ratusan miliar

Blue Bird Benarkan Gojek Caplok SahamnyaIlustrasi (IDN Times/Mela Hapsari)

Dalam keterangan tertulis ini tidak disebutkan berapa banyak saham dan uang yang digelontorkan Gojek untuk mendapatkan saham Blue Bird. Namun informasi yang beredar menyebutkan dalam transaksi ini Gojek mengucurkan dana Rp410 untuk membeli saham 4,3 persen Blue Bird.

Baca Juga: 5 Fakta Blue Foot Bird, Burung dengan 'Kaus Kaki Biru' yang Unik

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya