Comscore Tracker

Mengenal Fuad Rizal, Plt Dirut Garuda Indonesia Berusia 41 Tahun

Fuad menggantikan Ari Askhara

Jakarta, IDN Times - Meski duduk di jajaran direksi maskapai pelat merah Indonesia, nama Fuad Rizal selama ini kalah pamor dari direksi-direksi BUMN lainnya. Namanya mencuat menyusul kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton lewat Garuda Indonesia. Ia ditunjuk sebagai pelaksana tugas (plt) direktur utama Garuda Indonesia menggantikan I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara yang dicopot Menteri BUMN Erick Thohir.

Fuad yang lahir di Jakarta, 41 tahun lalu, tepatnya 2 Januari 1978 ini merupakan lulusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung. Dikutip dari laman resmi Garuda Indonesia, Fuad sebelum ditunjuk sebagai pelaksana tugas menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Perbendaharaan Garuda selama 3 tahun 8 bulan, sejak Februari 2015 hingga September 2018.

Sebelum menjadi petinggi maskapai pelat merah, Fuad malang melintang di dunia perbankan. Ia mengawali karir sebagai AVP di Bank Niaga selama tiga tahun (2007-2010).

Fuad juga sempat menjadi Direktur Asosiasi ANZ selama setahun (2010-2011), dan Direktur Asosiasi di Bank Standard Chartered selama 3 tahun 4 bulan sejak November 2011 hingga Februari 2015. Ia bertugas mengelola hubungan dengan klien-klien bank di bidang komoditas dan agribisnis.

1. Kementerian BUMN pastikan Fuad sebagai pelaksana tugas

Mengenal Fuad Rizal, Plt Dirut Garuda Indonesia Berusia 41 TahunPlt Dirut Garuda Indonesia Fuad Rizal/Garuda-Indonesia.com

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga memmastikan Fuad menggantikan Ari sebagai posisi pelaksana tugas. Namun ia  hanya akan menjabat sampai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa.

"Jabatan Plt cuma sampai RUPSLB. Supaya bisa berjalan baik, (jabatan dirkeu) diambil dari internal. Kan Menhub bilang dirkeu, ya sama saja. Kami kompak lah itu," kata Arya dalam jumpa pers di Kementerian BUMN, Jumat (6/12).

Baca Juga: Erick Thohir Copot Dirut Garuda, Negara Dirugikan Rp1,5 Miliar 

2. Banyak kandidat potensial untuk Garuda Indonesia

Mengenal Fuad Rizal, Plt Dirut Garuda Indonesia Berusia 41 TahunMenteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Harley Davidson dan Sepeda Brompton Ilegal (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Ari menjelaskan, hingga saat ini belum ada gambaran siapa sosok yang cocok untuk menjabat sebagai dirut. Menurut dia, ada banyak kandidat yang potensial, namun pihaknya selektif dan akan mencari yang terbaik. Arya enggan menjawab siapa saja kandidat potensial itu.

"Indikatornya paham manajemen, ilmu finance-nya kuat, punya jaringan untuk pengembangan Garuda. Kami cari yang baiklah, yang kuat secara profil. Kami cari yang bagus," katanya.

3. Ari Ashkara dicopot karena selundupkan Harley Davidson

Mengenal Fuad Rizal, Plt Dirut Garuda Indonesia Berusia 41 TahunKarangan bunga untuk Erick Thohir dan Sri Mulyani di Kementerian BUMN (IDN Times/Indiana Malia)

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memberhentikan Dirut PT Garuda Indonesia Ari Ashkara terkait kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui pesawat Garuda.

"Saya sebagai Kementerian BUMN akan memberhentikan Dirut Garuda. Kita kan terus melihat lagi apakah ada oknum lainnya," ujar Erick dalam konferensi pers yang digelar bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung Kementerian Keuangan, Kamis (5/12).

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: [BREAKING] Selundupkan Harley, Dirut Garuda Ari Ashkara Dicopot

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You