Comscore Tracker

Anak Muda Jadi Direksi BUMN, Erick Thohir: Millennials Bukan Beban!

Generasi millennials dinilai bakal membawa inovasi ke BUMN

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN, Erick Thohir akan terus menambah kontribusi generasi millennials di kursi direksi BUMN. Menurut dia, generasi millennials bukanlah beban atau ancaman.

Erick mengatakan generasi millennials justru akan menjadi faktor penggerak kemajuan dan juga transformasi BUMN.

"Bagi saya generasi millennials bukanlah beban dan ancaman tetapi justru menjadi inspirasi, energi, membawa inovasi, dan penggerak kemajuan transformasi di BUMN," kata Erick dalam webinar Sinergi Menjaga Momentum dan Optimisme Pemulihan Ekonomi yang disiarkan CNBC Indonesia, Jumat (6/8/2021).

Baca Juga: Ekonomi RI Tumbuh 7,07 Persen, Erick Thohir Wanti-wanti Tetap Waspada

1. Millennials harus jadi pemimpin, tak hanya eksekutor

Anak Muda Jadi Direksi BUMN, Erick Thohir: Millennials Bukan Beban!Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan keterangan pers saat menyambut kedatangan vaksin COVID-19 di Teminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (31/5/2021). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Demi mengembangkan talenta di perusahaan pelat merah, Erick tak ingin generasi millennials hanya menjadi tenaga eksekutor. Dia menilai generasi millennials juga harus punya kesempatan sebagai pemberi keputusan.

"Generasi muda harus diberikan kesempatan tidak hanya sebagai eksekutor, tetapi sebagai pemikir dan juga pemimpin," tutur Erick.

2. Erick targetkan 10 persen kursi direksi BUMN diisi millennials

Anak Muda Jadi Direksi BUMN, Erick Thohir: Millennials Bukan Beban!Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan keterangan pers di Lobi Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (2/6/2021). (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Saat ini, Erick Thohir menargetkan 5 persen dari total direksi BUMN diisi oleh generasi millennials. Lalu, target itu dinaikkan menjadi 10 persen di 2023.

"BOD (Board of Directors) millennials 5 persen pada saat ini, dan 10 persen di 2023," tutur Erick.

Saat ini, ada generasi muda yang telah menduduki kursi direksi BUMN yakni Muhammad Fajrin Rasyid sebagai Direktur Bisnis Digital PT Perusahaan Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Pria berusia 34 tahun itu adalah direktur termuda di Telkom.

Baca Juga: Bahlil Ingatkan Ekonomi Tumbuh 7 Persen Belum Babak Final

3. Erick juga mau semakin banyak perempuan di kursi direksi BUMN

Anak Muda Jadi Direksi BUMN, Erick Thohir: Millennials Bukan Beban!Ilustrasi Sekelompok Perempuan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Erick juga fokus pada kesetaraan gender di jajaran petinggi perusahaan pelat merah. Dia menargetkan 25 persen dari total direksi BUMN diisi oleh perempuan pada tahun 2023.

"Dalam pengembangan talenta saya juga memastikan kesetaraan gender terjadi, di mana target BOD wanita sebanyak 15 persen, dan diharapkan 25 persen di 2023," ungkap Erick.

Baca Juga: Millennials, Erick Thohir Mau Dorong Anak Muda Jadi Direksi BUMN

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya