Comscore Tracker

Arus Balik, Pemudik Sepeda Motor Bisa 'Nebeng' di Kapal Pelni

Kuota masih tersedia nih!

Jakarta, IDN Times - Program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang diselenggaran Kementerian Perhubungan dan PT PELNI (Pelni) masih bisa diakses masyarakat, khususnya pemudik yang mengendarai sepeda motor.

Ada dua kapal yang disiapkan, yakni KM Ciremai dan KM Dobonsolo yang memiliki kapasitas 1.250 sepeda motor dan 2.500 penumpang untuk rute Surabaya - Semarang -Jakarta.

Baca Juga: Mulai Jumat Diberlakukan One Way dari Tol Kalikangkung hingga Cikampek

1. Kuota di dua kapal masih tersedia banyak

Arus Balik, Pemudik Sepeda Motor Bisa 'Nebeng' di Kapal PelniKM Dobonsolo yang akan melayani program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut. (dok. PELNI)

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI, Opik Taupik menyampaikan keberangkatan pertama dengan KM Ciremai dijadwalkan berlayar pada Senin (9/5/2022) dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Hingga kini, KM Ciremai masih memiliki ruang bagi 528 unit motor dan 874 pemudik.

Lalu, untuk keberangkatan kedua dengan KM Dobonsolo dijadwalkan berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Rabu (11/5). Perusahaan mencatat kuota untuk KM Dobonsolo masih tersedia bagi 930 unit motor dan 1.830 pemudik.

"Dengan keterlibatan Pelni dalam menjalankan penugasan ini diharapkan dapat mengurai kepadatan arus balik di darat sehingga dapat menekan jumlah kecelakaan. Selain itu juga memaksimalkan peran Pelni sebagai operator kapal laut yang dapat mengangkut penumpang, barang, hingga kendaraan," tutur Opik dikutip dari keterangan resmi, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: 2.098 Pemudik dan 919 Unit Motor Berangkat Mudik Gratis dari Pelni

2. Cek kuota yang tersedia di situs Kemenhub

Arus Balik, Pemudik Sepeda Motor Bisa 'Nebeng' di Kapal PelniProgram mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang diselenggarakan Kemenhub dan PT PELNI. (dok. PELNI)

Opik mengatakan masyarakat bisa memeriksa kuota yang tersedia, dan mendaftar di situs resmi Kemenhub.

"Untuk melihat kuota yang tersedia dan juga mendaftar program tersebut, calon peserta program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dapat mengakses website mudikgratis.dephub.go.id," ucap Opik.

Baca Juga: Polri Imbau Pemudik Waspadai Arus Balik pada 6-8 Mei 

3. Syarat ikut program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut

Arus Balik, Pemudik Sepeda Motor Bisa 'Nebeng' di Kapal PelniProgram mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang diselenggarakan Kemenhub dan PT PELNI. (dok. PELNI)

Untuk mengikuti program tersebut, beberapa persyaratan yang harus dipatuhi adalah:

  1. Memiliki STNK dan SIM yang sah
  2. Kondisi motor layak jalan
  3. Tidak boleh ada modifikasi/aksesoris tambahan pada kendaraan yang dapat mengganggu proses lashing (pengikatan kendaraan pada kapal)
  4. Harus ada penyangga/standar tengah (standar dua)
  5. Harus dilengkapi dengan pegangan belakang
  6. Ukuran roda dan ban standar atau sesuai spesifikasi pabrik
  7. Tidak diperbolehkan adanya box samping kiri, kanan, maupun belakang
  8. Jumlah helm harus sesuai jumlah penumpang
  9. Bensin sepeda motor pada saat diangkut harus dalam keadaan maksimal 1 liter/motor
  10. Kunci motor dapat dititipkan kepada petugas/panitia pelaksana.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya