Comscore Tracker

Blibli Resmi IPO, Intip Pergerakan Sahamnya di Bursa 

Harga saham Blibli dibuka di level Rp450

Jakarta, IDN Times - PT Global Digital Niaga Tbk Blibli (kode saham BELI) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Selasa (8/11/2022).

Saham Blibli dibuka dengan harga Rp450. Kemudian, berdasarkan grafik RTI, hingga 30 menit awal perdagangan, saham Blibli menguat 4 poin atau 0,89 persen ke level Rp454 per lembar saham.

Saham Blibli sudah diperdagangkan dengan frekuensi 11.428 kali, dengan volume transaksi sebanyak 353,03 juta lembar saham. Adapun nilai transaksinya sebesar Rp161 miliar.

Baca Juga: Mau IPO, Ekonom: Blibli Punya Potensi Sukses Seperti Amazon-Alibaba

1. Blibli raup dana Rp8 triliun

Blibli Resmi IPO, Intip Pergerakan Sahamnya di Bursa Konferensi pers penawaran umum saham perdana PT Global Digital Niaga Tbk atau Blibli (BELI) di Jakarta, Selasa (18/10/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Berdasarkan keterangan resmi Blibli, perseroan berhasil mencatatkan Harga Perdana mendekati batas atas rentang harga penawaran pada Rp450 per saham.

Jumlah saham yang ditawarkan dalam IPO Blibli juga mencapai batas atas sebanyak 15 persen dari modal ditempatkan dan disetor setelah Penawaran Umum Saham Perdana, sehingga dapat menggalang dana IPO gross sekitar Rp8 triliun.

Baca Juga: Ekonomi Global Loyo, Kok Blibli Berani IPO? 

2. Blibli catatkan kelebihan permintaan saham BELI

Blibli Resmi IPO, Intip Pergerakan Sahamnya di Bursa PT Global Digital Niaga Tbk Blibli (kode saham BELI) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Selasa (8/11/2022). (dok. YouTube Indonesia Stock Exchange)

Saham Perdana Blibli mendapatkan dukungan dan minat yang kuat dari berbagai investor domestik dan internasional, yang terdiri dari sovereign wealth funds, long-only funds, multi-strategy funds, private wealth management, dan lainnya.

Blibli melaporkan adanya tingkat kelebihan permintaan (oversubscription) yang mencapai 4,4 kali lipat pada Penjatahan Terpusat (pooling portion), sehingga menyebabkan peningkatan jumlah alokasi Penjatahan Terpusat dari 2,5 persen menjadi 5 persen dari keseluruhan Jumlah Penawaran.

3. Blibli jadi internet-unicorn dengan IPO terbesar sepanjang 2022 di Asia Pasifik

Blibli Resmi IPO, Intip Pergerakan Sahamnya di Bursa Harbolnas 2020 Blibli (Dok. Blibli)

Dengan total kapitalisasi pasar sebesar Rp53,3 triliun, Blibli menjadi satu-satunya internet-unicorn di Kawasan Asia Pasifik yang melantai di pasar modal sejak bulan Mei 2022, dan merupakan internet-unicorn terbesar kedua di Asia Pasifik yang melakukan IPO sepanjang 2022.

“Dengan diperdagangkannya saham BELI di BEI, kami berharap akan meningkatkan kepercayaan investor terhadap sektor teknologi di Indonesia, serta membawa efek positif terhadap perekonomian digital di dalam negeri,” kata Komisaris Utama Blibli, Martin Basuki Hartono.

Baca Juga: Resmi IPO, Blibli Bakal Masuk Daftar 5 IPO Terbesar di BEI

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya