[BREAKING] Jokowi Pede Tingkat Inflasi Tahun Depan Terjaga di 3 Persen

Pemerintah targetkan rupiah di level Rp14.350 per dolar AS

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo optimistis tingkat inflasi pada tahun depan dapat terjaga di 3 persen. Hal itu bisa tercapai dengan adanya pemulihan ekonomi yang bisa mendongkrak daya beli masyarakat.

"Inflasi akan tetap terjaga pada tingkat 3 persen, menggambarkan kenaikan sisi permintaan, baik karena pemulihan ekonomi maupun perbaikan daya beli masyarakat," tutur Jokowi dalam Penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2022 yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (16/8/2021).

Pemerintah pada 2022 menargetkan nilai tukar rupiah berada di level Rp14.350 per dolar Amerika Serikat (AS). Pemerintah juga menargetkan suku bunga Surat Utang Negara (SUN) 10 tahun sekitar 6,82 persen.

Sementara itu harga minyak mentah Indonesia (ICP) diperkirakan berkisar pada 63 dolar AS per barel. Lifting minyak dan gas bumi diperkirakan masing-masing mencapai 703.000 barel dan 1.036.000 barel setara minyak per hari.

"Pemerintah mengusung tema kebijakan fiskal tahun 2022, yaitu Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural. Pemulihan sosial-ekonomi akan terus dimantapkan sebagai penguatan fondasi untuk mendukung pelaksanaan reformasi struktural secara lebih optimal," kata Jokowi.

Baca Juga: [BREAKING] Kebijakan Kerap Inkonsisten, Jokowi: Justru Itu yang Harus Dilakukan

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya