Comscore Tracker

Buntut Tabrakan Kereta dan Mobil, KAI Tutup Lintasan Liar di Tambun

KA jarak jauh tabrak mobil yang seberangi lintasan liar

Jakarta, IDN Times - Terjadi insiden temperan antara kereta api jarak jauh dan sebuah mobil di wilayah Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Tabrakan terjadi saat mobil merek Avanza menyeberangi perlintasan liar saat kereta api sedang melaju kencang.

Adapun insiden terjadi di perlintasan liar KM 34+4/5 petak jalan Cikarang-Tambun, pada pukul 10.54 WIB. Akibat insiden itu, PT Kereta Api Indonesia atau KAI Daop 1 Jakarta akan menutup lintasan sebidang liar tersebut.

"Demi keselamatan bersama perlintasan liar di KM 34+4/5 akan ditutup. Penutupan perlintasan liar ini tentunya merupakan bagian dari dukungan KAI untuk mewujudkan keselamatan dan keamanan perjalanan KA serta masyarakat," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dikutip dari keterangan resmi KAI, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Kena Blacklist KAI, Pelaku Pelecehan Seksual Tak Bisa Lagi Naik Kereta

1. Sejumlah sarana kereta api rusak akibat insiden temperan

Buntut Tabrakan Kereta dan Mobil, KAI Tutup Lintasan Liar di TambunKereta api Argo Sindoro relasi Semarang-Gambir tabrak sebuah mobil Avanza yang tengah menyeberangi lintasan sebidang liar di Tambun, Kabupaten Bekasi. (dok. KAI)

Adapun tabrakan antara KA Argo Sindoro relasi Semarang-Gambir dengan sebuah mobil Avanza menyebabkan kerusakan pada sarana dan prasarana KA salah satunya kerusakan motor wessel.

"PT KAI Daop 1 Jakarta sangat menyesalkan kejadian tersebut. Kejadian temperan mobil dengan KA Argo Sindoro mengakibatkan kerusakan pada sarana dan prasarana KA salah satunya kerusakan motor wessel," ucap Eva.

Baca Juga: Mudik Naik Kereta, Cek Harga Tiket Kereta Api Jakarta-Surabaya 2022

2. Proses evakuasi masih dilakukan

Buntut Tabrakan Kereta dan Mobil, KAI Tutup Lintasan Liar di TambunIDN Times/Holy Kartika

Selain kerusakan prasarana KA, kejadian tersebut juga menyebabkan  perjalanan terhambat karena terdapat sejumlah KA Jarak Jauh dan KRL yang belum dapat melintas selama proses evakuasi dilakukan.

"Saat ini tim KAI Daop 1 Jakarta bersama pihak-pihak terkait dan masyarakat melakukan evakuasi terhadap mobil yang masih tersangkut di lokomotif KA Argo Sindoro," tutur Eva.

Baca Juga: Mobil Tertabrak Kereta di Bekasi, Satu Orang Tewas di Tempat 

3. KAI Commuter lakukan rekayasa perjalanan KRL dari dan ke Cikarang

Buntut Tabrakan Kereta dan Mobil, KAI Tutup Lintasan Liar di TambunIlustrasi Commuterline/KRL (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter, Leza Arlan mengatakan sejak pukul 12.34 WIB, perjalanan KRL yang sempat terhambat sudah mulai kembali normal.

Meski begitu, masih dalam proses penguraian antrean perjalanan KA. Imbas kendala operasional tersebut, KAI Commuter melakukan rekayasa pola operasi pelayanan perjalanan yaitu:

  • KRL 5529 relasi Cikarang - Kampung Bandan perjalananya tidak dilanjutkan, dan kembali ke Stasiun Cikarang.
  • KRL 6022 Relasi Kampung Bandan – Cikarang perjalannya hanya sampai Stasiun Tambun untuk kembali menjadi KRL 5531 dengan relasi Tambun – Kampung Bandan.
  • KRL 6026 Relasi Kampung Bandan – Cikarang perjalannya hanya sampai Stasiun Bekasi untuk kembali menjadi KRL 5529 dengan relasi Bekasi – Kampung Bandan.
  • KRL 6028 Relasi Kampung Bandan – Cikarang perjalannya hanya sampai Stasiun Bekasi untuk kembali menjadi KRL 5043 dengan relasi Bekasi – Angke.

"KAI Commuter memohon maaf atas kendala perjalanan KRL yang terjadi pada lintas Cikarang – Tambun pada siang ini," ucap Leza dikutip dari keterangan resminya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya