Daftar Politikus-Orang Dekat Prabowo yang Dapat Kursi Komisaris BUMN

Mulai dari Asisten Prabowo hingga petinggi TKN

Intinya Sih...

  • Grace Natalie, Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran diangkat menjadi Komisaris MIND ID.
  • Fuad Bawazier, anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran ditunjuk sebagai Komisaris Utama MIND ID.

Jakarta, IDN Times - Diangkatnya Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Grace Natalie jadi Komisaris MIND ID menjadi sorotan.

Tak hanya Grace, awal pekan ini, ada tiga lagi petinggi TKN Prabowo-Gibran yang diangkat menjadi komisaris. Sebut saja Fuad Bawazier, Simon Aloysius Mantiri, dan Condro Kirono.

Ternyata, tak hanya empat orang itu saja yang menjadi komisaris BUMN. Ada empat orang lagi yang memiliki latar belakang politikus dan dekat dengan Prabowo yang menduduki kursi komisaris BUMN. Berikut daftarnya.

Baca Juga: 4 Petinggi TKN Prabowo-Gibran Dapat Kursi Komisaris BUMN

1. Grace Natalie

Daftar Politikus-Orang Dekat Prabowo yang Dapat Kursi Komisaris BUMNGrace Natalie, Komisaris MIND ID (Dok MIND ID)

Grace Natalie, Wakil Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diangkat menjadi Komisaris MIND ID. Saat di TKN, Grace menjabat sebagai Wakil Ketua.

Grace adalah mantan jurnalis di sejumlah televisi (TV) Tanah Air, yakni SCTV, ANTV, hingga TVONE. Dia juga merupakan salah satu pendiri Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Grace Natalie menduduki kursi Ketua Umum PSI pada periode 16 November 2014 sampai 16 November 2021, kemudian digantikan Giring Ganesha alias Giring Nidji.

Selain menjadi Komisaris MIND ID, Grace juga merupakan salah satu Staf Khusus (Stafsus) Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Baca Juga: MIND ID Angkat Grace Natalie Jadi Komisaris, Fuad Bawazier Komut

2. Fuad Bawazier

Daftar Politikus-Orang Dekat Prabowo yang Dapat Kursi Komisaris BUMNFuad Bawazier. (Dok. MIND ID)

Fuad Bawazier, anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran ditunjuk sebagai Komisaris Utama (Komut) MIND ID, menggantikan Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo yang meninggal dunia pada 3 Desember 2023 lalu.

Fuad pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Setelah menduduki jabatan itu selama dua bulan, Fuad bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN).

Dia pernah menduduki sejumlah jabatan di parlemen sebagai perwakilan PAN, yakni Anggota MPR RI periode 1999-2004, dan Anggota DPR RI periode 2004-2009. Namun, Fuad keluar dari PAN.

Pada 2006, dia ikut mendirikan Partai Hanura bersama Jenderal TNI Purnawirawan Wiranto. Fuad memimpin Partai Hanura sampai 2014. Pada 2015, Fuad keluar dari Hanura dan bergabung dengan Partai Gerindra.

Baca Juga: Profil Fuad Bawazier, TKN Prabowo Jadi Komut MIND ID

3. Simon Aloysius Mantiri

Daftar Politikus-Orang Dekat Prabowo yang Dapat Kursi Komisaris BUMNSimon Aloysius Mantir (kanan) (instagram.com/rizky_irmansyah)

Simon Aloysius Mantiri ditunjuk Menteri BUMN, Erick Thohir menjadi Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT Pertamina (Persero). Simon menggantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang mengundurkan diri pada 2 Februari lalu karena alasan kampanye politik.

Simon adalah seorang politikus di balik Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Di Partai Gerindra, dia menjabat sebagai Wakil Sekretaris Dewan Pembina DPP.

Simon adalah penggagas sejumlah aksi-aksi unik yang dilakukan Prabowo dalam kampanye, termasuk senam gemoy. Dia juga pernah ditugaskan untuk melakukan kampanye Prabowo-Gibran di Sulawesi Utara bersama sang istri, Priscilia Waworuntu.

4. Condro Kirono

Daftar Politikus-Orang Dekat Prabowo yang Dapat Kursi Komisaris BUMNKomisaris Independen PT Pertamina (Persero), Condro Kirono. (dok. Pertamina)

Condro Kirono ditunjuk sebagai Komisaris Independen Pertamina. Dia juga pernah menjabat sebagai Komisaris Independen PT Pos Indonesia pada 2021, dan Komisaris Pertamina pada 2019.

Condro adalah purnawirawan Polisi. Pangkat terakhirnya Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol), dan jabatan terakhirnya adalah Analis Kebijakan Utama Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri).

Dia pernah menjabat sebagai Kapolresta Tegal, Wadirlantas Polda Sumatra Utara, Kapoltables Yogyakarta, Kapolda Riau, hingga Kapolda Jawa Tengah. Di Pilpres 2024, Condro ditunjuk sebagai Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran.

5. Siti Nurizka Puteri Jaya

Daftar Politikus-Orang Dekat Prabowo yang Dapat Kursi Komisaris BUMNAnggota Komisi III DPR RI dari fraksi Gerindra, Siti Nurizka Puteri Jaya. (Instagram @rizqaputeri)

Anggota Komisi III DPR RI, Siti Nurizka Puteri Jaya fraksi Gerindra diangkat menjadi Komisaris Utama PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri). Hal itu diumumkan dalam dokumen fakta material perubahan anggota dewan komisaris dan direksi anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang dilaporkan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti yang dikutip Selasa, (11/6).

Sebelumnya, Siti Nurizka menjabat sebagai Anggota Komisi III DPR RI fraksi Gerindra. Siti Nurizka telah menduduki kursi di Senayan sejak 2022. Dia adalah anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Selatan I.

Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Street Soccer Indonesia di Sumatra Selatan di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Baca Juga: Politikus Gerindra Siti Nurizka Diangkat Jadi Komut Pupuk Sriwijaya

6. Prabu Revolusi

Daftar Politikus-Orang Dekat Prabowo yang Dapat Kursi Komisaris BUMNPrabu Revolusi diangkat jadi Komisaris Independen PT Kilang Pertamina Internasional (KPI). (dok. KPI)

Prabu Revolusi menduduki kursi Komisaris Independen PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) sejak 1 Februari 2024. Menurut KPI, penunjukkan Prabu dilatarbelakangi keputusan pemegang saham perusahaan.

Prabu Revolusi termasuk dalam TKN Prabowo-Gibran. Namun, sebelum bergabung ke TKN, Prabu sempat menjadi anggota Tim Pemenangan (TPN) paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

7. AM Putranto

Daftar Politikus-Orang Dekat Prabowo yang Dapat Kursi Komisaris BUMNAsisten khusus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto yakni Letjen TNI (Purnawirawan) A.M Putranto (ketiga dari kanan) diangkat sebagai Komisaris Independen PT Pindad. (dok. Pindad)

Letjen TNI (Purnawirawan) AM Putranto diangkat menjadi Komisaris Independen PT Pindad sejak 18 Maret 2024. AM Putranto merupakan orang dekat Prabowo yang menjabat sebagai asisten khususnya.

AM Putranto menggantikan Mayjen TNI (Purnawirawan) Sakkan Tampubolon, yang diberhentikan dari jabatan Komisaris Independen PT Pindad.

Baca Juga: Asisten Prabowo Diangkat Jadi Komisaris Pindad

8. Siti Zahara Agnia

Daftar Politikus-Orang Dekat Prabowo yang Dapat Kursi Komisaris BUMNArief Rosyid (kiri), bersama sang istri Siti Zahara Aghnia (kanan). (Instagram @ariefrosyid.id)

Pengisi daftar kedelapan adalah Siti Zahara Aghnia yang menduduki kursi Komisaris Independen PT Pertamina Patra Niaga. Siti Zahara adalah istri Komandan Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda (TKN Fanta) Arief Rosyid Hasan.

Siti Zahara diangkat menjadi Komisaris Independen Pertamina Patra Niaga per 1 Januari 2024. Dikutip dari situs resmi Pertamina Patra Niaga, Siti Zahra Aghnia sebelumnya pernah menjabat sebagai Komisaris di PT Zahra Bakti Gemilang pada 2022, dan sebagai Direksi di PT Gamlindo Nusa pada 2014 hingga 2020.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya