Gak cuma Hapus Pembangunan PLTU, Ini Upaya PLN Dorong Transisi Energi

PLN baru resmikan PLTS

Jakarta, IDN Times - PT PLN (Persero) telah menghapus rencana pembangunan PLTU batubara dengan daya 13 gigawatt (GW) dalam rencana usaha penyediaan tenaga listrik (PLTU).

Vice President Transisi Energi dan Perubahan Iklim PLN, Anindita Satria Surya mengatakan selain upaya tersebut, PLN juga menambah jumlah pembangkit berbasis energi baru dan terbarukan (EBT) dalam upaya mendorong transisi energi.

“Kita juga sudah menghapus rencana pembangunan PLTU. Itu besar, 13,3 GW, 13 ribu MW kita hapus dari rencana kita, kita ganti dengan renewable energy. Selain itu juga kita menambah renewable energy dari pembangkit-pembangkit yang sudah tidak efisien lagi, itu kita tambah,” kata Anindita dalam sesi Energizing Tomorrow: Unveiling the Wonders of The Energy Transition Indonesia Millennial and Gen Z Summit 2023, di The Dome Senayan Park, Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

Selain itu, PLN juga baru saja meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata berkapasitas 192 megawatt peak (MWp) pada 9 November 2023 lalu.

“Kita memanfaatkan luasan waduk dari Cirata. Dan itu nanti akan ada ekspansi lagi. Itu memang salah satu bagaimana kita berkontribusi pada penurunan emisi,” ujar Anindita.

Selain dari sisi pembangkit, Anindita mengatakan PLN berupaya menyediakan infrastruktur kendaraan listrik demi mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Adapun infrastruktur itu adalah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

“PLN sampai saat ini sudah 620 yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi untuk meningkatkan rasa dari bagaimana nanti ketenangan pengguna EV, kita sudah menyiapkan ekosistemnya. Jadi mulai dari project-nya pembangkit, dan dari sisi pelanggan kita juga bicara mengenai mobil listrik,” ucap Anindita.

Anindita mengatakan, seluruh upaya tersebut merupakan kontribusi PLN dalam upaya mencapai nol emisi karbon atau net zero emission (NZE) pada 2060.

IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara. 

IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024. 

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

Baca Juga: 3 Tantangan PLN Genjot Penggunaan Energi Bersih

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya