Comscore Tracker

HUT ke-77 RI, Luhut Sebut Bangsa Ini Bisa Atasi Masalah Sendiri 

Luhut klaim RI bisa tangani pandemik dan persoalan ekonomi

Jakarta, IDN Times - Di Hari Ulang Tahun ke-77 kemerdekaan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia adalah bangsa yang hebat karena bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

Salah satu buktinya adalah dalam penanganan pandemik COVID-19 dan juga perekonomian domestik, di tengah ketidakpastian global.

"Pandemik selama 2 tahun telah bisa kita lampaui dengan baik. Saya kira berkat kerja sama kita semua dan juga kita menunjukkan sebagai bangsa yang hebat, bahwa bangsa ini bisa mengatasi masalahnya sendiri," kata Luhut dalam unggahan di akun Instagram-nya yang dikutip Rabu, (17/8/2022).

Baca Juga: Jubir Luhut Klarifikasi Video Viral Perintah ke Kabareskrim Polri 

1. Luhut klaim RI bisa tangani COVID-19 dengan baik

HUT ke-77 RI, Luhut Sebut Bangsa Ini Bisa Atasi Masalah Sendiri Ilustrasi ruang Isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Menurut Luhut, salah satu bukti kehebatan Indonesia ialah penanganan pandemik COVID-19 yang cukup baik. "Kita juga berhasil sampai sekarang ini menahan pandemik delta variant dari COVID-19," ujar Luhut.

Selain itu, menurutnya Indonesia juga mulai meraih kemandirian di bidang kesehatan, dengan menghasilkan produk-produk teknologi kesehatan sendiri.

"Kita melakukan reformasi dalam bidang kesehatan, kita juga menghasilkan produk-produk teknologi kesehatan dalam negeri yang itu sangat membuat kita lebih mandiri ke depan ini," ucap dia.

Baca Juga: Luhut Bersaksi Prabowo Benar-benar Kagumi Kepemimpinan Jokowi

2. Luhut sebut ekonomi RI salah satu yang bertahan di tengah ketidakpastian global

HUT ke-77 RI, Luhut Sebut Bangsa Ini Bisa Atasi Masalah Sendiri Ilustrasi suasana hujan di perkotaan. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Khususnya untuk ekonomi, menurutnya Indonesia berhasil menunjukkan kinerja yang baik di tengah ketidakpastian global.

Namun, dia meminta masyarakat untuk tidak khawatir dan tak termakan informasi tidak benar terkait ekonomi. Menurut Luhut, jika ada sinyal negatif dalam perekonomian Tanah Air, maka pemerintah akan menginformasikannya kepada masyarakat untuk siap siaga.

"Pemerintah akan memberikan data yang benar, dan akan juga memberikan kalau ada signal-signal yang kurang baik mengenai ekonomi kita," kata Luhut.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Luhut Tekan Konsumsi BBM

3. Luhut ajak masyarakat RI terus bersatu demi memajukan bangsa

HUT ke-77 RI, Luhut Sebut Bangsa Ini Bisa Atasi Masalah Sendiri Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Dalam memperingati HUT ke-77 ini, Luhut mengajak masyarakat untuk saling bergotong-royong demi memajukan bangsa. Menurutnya, segala tantangan baik kesehatan maupun ekonomi bisa dihadapi dengan kerja sama yang baik.

"Sebagai hadiah ulang tahun Indonesia HUT ke-77 saya ingin menyampaikan bahwa kita semua berada dalam jalan yang benar. Tantangan dan ujian terus akan tetap ada. Tetapi semangat solidaritas kita sebagai bangsa harus kita gaungkan. Sekali merdeka tetap merdeka. Mari kita menjadi bangsa yang betul-betul tahan uji dalam keadaan apapun," ujar dia.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya