Comscore Tracker

Jokowi Targetkan Ekonomi 2023 Tumbuh 5,3 Persen

"Agenda reformasi struktural terus diakselerasi."

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo membacakan RAPBN 2023 tahun ini. Dalam RUU tersebut, pemerintah menargetkan ekonomi Indonesia tumbuh 5,3 persen pada 2023.

"Pertumbuhan ekonomi 2023 diperkirakan sebesar 5,3 persen. Kita akan berupaya maksimal dalam menjaga keberlanjutan penguatan ekonomi nasional," ucap Jokowi dalam Penyampaian RAPBN 2023 dan Nota Keuangan di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Pada 2023, pemerintah akan fokus pada pembukaan lapangan pekerjaan. Selain itu, pemerintah juga akan fokus pada sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru.

"Pelaksanaan berbagai agenda reformasi struktural terus diakselerasi untuk transformasi perekonomian," ucap Jokowi.

Dia juga menargetkan peningkatan investasi, serta daya saing produk manufaktur di pasar global. Tak hanya itu, dia juga menargetkan penguatan sektor swasta yang memegang peran penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Namun, untuk memperkuat sektor swasta, Jokowi meminta pemerintah membuat kebijakan fiskal sebaik-baiknya.

"Manajemen kebijakan fiskal dapat lebih diarahkan untuk menciptakan keseimbangan antara perbaikan produktivitas dan daya saing, dengan menjaga kesehatan dan keberlanjutan fiskal untuk menghadapi risiko dan gejolak di masa depan," kata dia.

Baca Juga: [Cek Fakta] Benarkah Jokowi Ajak Investor Swasta untuk Bangun IKN?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya