Comscore Tracker

Jubir Luhut Klarifikasi Video Viral Perintah ke Kabareskrim Polri 

Video yang beredar tak terkait kasus pembunuhan Brigadir J

Jakarta, IDN Times - Viral video yang menayangkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan tengah memberi perintah kepada Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Komjen Agus Andrianto.

Video yang viral di media sosial itu dikait-kaitkan oleh warganet ke kasus pembuhuhan Brigadir J. Cuplikan video itu ditayangkan oleh akun TikTok @marzukysianturi.

Dalam video tersebut, Luhut memerintahkan Komjen Agus untuk mengusut suatu kasus sampai tuntas ke akar-akarnya.

Baca Juga: [WANSUS] Ayah Brigadir J: Kami Tak Menyangka Ferdy Sambo Pembunuhnya

1. Jubir bantah video tersebut berkaitan dengan kasus pembunuhan Brigadir J

Jubir Luhut Klarifikasi Video Viral Perintah ke Kabareskrim Polri Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat (kanan) ketika bersama atasannya Kadiv Propam Irjen (Pol) Ferdy Sambo (www.facebook.com/@rohani.simanjuntak)

Jubir Menko Marves, Jodi Mahardi membantah video tersebut berkaitan dengan kasus pembunuhan anggota Polri, dalam hal ini yang dimaksud adalah pembunuhan Brigadir J.

Jodi menegaskan bahwa ucapan Luhut dalam video tersebut ditujukan untuk penanganan kasus COVID-19 dalam kapasitasnya sebagai Koordinator PPKM Darurat, bukan terkait dengan proses penyidikan kasus pembunuhan anggota Polri yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Luhut Minta Kantor Pusat Grab di Singapura Pindah ke Indonesia

2. Video yang viral adalah video lama yang disiarkan pertama pada 3 Juli 2021

@marzukysianturi #brigadirjosua #ferdysambo #brigadirj #agusadrianto💗 #luhutpanjaitan ♬ suara asli - Marzuky Sianturi

Jodi mengatakan perintah Luhut itu ditujukan untuk penanganan pihak-pihak yang menaikkan harga obat-obatan COVID-19. Video itu ditayangkan pertama pada 3 Juli 2021. Kala itu, Luhut menjabat sebagai Koordinator PPKM Jawa-Bali.

“Dalam konteks saat itu, Pak Menko yang sedang menangani PPKM Darurat meminta Komjen Agus untuk menindak tegas pihak-pihak yang menaikkan harga obat-obatan yang dibutuhkan untuk penanganan pasien covid. Sehingga tidak benar framing video yang sekarang beredar itu,” ujar Jodi dikutip dari keterangan resmi, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Luhut: Saya Bukan Menteri Segala Urusan, Hanya Tupoksi yang Diurus

3. Jodi sebut Luhut tak pernah campuri urusan yang bukan tanggung jawabnya

Jubir Luhut Klarifikasi Video Viral Perintah ke Kabareskrim Polri Menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi, Luhut Pandjaitan (www.instagram.com/@luhut.pandjaitan)

Jodi mengatakan Luhut selalu menghormati tugas serta tanggung jawab dari setiap instansi dan lembaga. Menurutnya, Luhut juga tak ingin berkomentar terhadap hal-hal yang di luar kapasitasnya sebagai Menko Marves.

“Pak Menko tidak pernah mencampuri urusan yang bukan menjadi tanggung jawabnya sebagai Menko Marves dan juga pembantu Presiden Joko Widodo. Semoga semua pihak bisa berpikir jernih lebih dahulu sebelum membuat dan mempercayai video-video potongan yang tidak sesuai konteks seperti itu,” tutur Jodi.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya