Comscore Tracker

Kementan Sebut Ada 610 Ribu Ton Beras Bisa Diserap Bulog

Kementan janji pasok beras ke Bulog

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan pernyataan terkait janji memasok 600 ribu ton beras ke Perum Bulog.

Berdasarkan data Kementan, ada 610.632 ton beras yang tersedia di sejumlah penggilingan di 24 provinsi yang bisa diserap Bulog.

"Menindaklanjuti kesimpulan Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Eselon I Kementerian Pertanian, Kepala Badan Pangan Nasional, Direktur Utama Perum Bulog, dan Direktur Utama PT. Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)/Holding Pangan/ID FOOD dengan Komisi IV DPR RI pada tanggal 23 November 2022, bersama ini kami sampaikan data kesiapan penggilingan di 24 provinsi memasok beras ke Bulog sebesar 610.632 ton berlaku hingga akhir Desember 2022, secara rinci sebagaimana terlampir, untuk diproses lebih lanjut," bunyi surat Dirjen Tanaman Pangan kepada Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso yang dikutip Rabu, (30/11/2022).

Baca Juga: Mendag Zulhas Beri Deadline ke Bulog dan Kementan Penuhi Stok Beras

1. Kementan sebut kebutuhan beras Bulog sangat kecil

Kementan Sebut Ada 610 Ribu Ton Beras Bisa Diserap BulogIlustrasi gudang beras. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Menurut Koordinator Data Evaluasi dan Pelaporan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan (Ditjen TP), Batara Siagian mengatakan kebutuhan beras Bulog sangatlah kecil. Sehingga, dia memastikan kebutuhan tersebut bisa dipasok beras lokal.

“Dibandingkan produksi secara nasional, sebenarnya kebutuhan gudang cadangan beras bulog sangat kecil. Tidak mungkin tidak dapat terpenuhi,” kata Batara dikutip dari keterangan resmi Kementan.

Baca Juga: Stok Beras Bulog Kian Menipis, Bapanas: Sangat Berbahaya!

2. Kementan tegaskan masih ada daerah yang produksi beras saat ini

Kementan Sebut Ada 610 Ribu Ton Beras Bisa Diserap BulogPetani merontokkan bulir padi saat panen raya padi. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Lebih lanjut, Batara mengatakan saat ini pun masih ada daerah yang produksi beras.

"Saat ini pun petani sedang berproduksi, dan bulan Februari - Maret stok akan melimpah. Kami mohon masa panen raya bisa dimaksimalkan penyerapan," ucap Batara.

3. Kementan janji pasok 600 ribu ton beras ke Bulog

Kementan Sebut Ada 610 Ribu Ton Beras Bisa Diserap BulogIlustrasi lahan sawah (IDN Times/ Ervan)

Adapun Bulog membutuhkan pasokan 600 ribu ton beras sesegera mungkin. Sebab, stok beras di gudang Bulog perlu dipenuhi di angka 1-1,2 juta ton demi memastikan ketersediaan pasokan untuk menjaga stabilitas harga beras.

Pada rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI tanggal 23 Desember 2022 lalu, Kementan menyatakan akan memasok 600 ribu ton beras ke Bulog.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengatakan Kementan punya waktu 1 minggu untuk memenuhi janji tersebut.

"Tadi yang disampaikan dalam rapat dengan Komisi IV adalah kementan akan menyanggupi bantu 600 ribu ton masuk ke Bulog, dalam waktu 1 minggu," kata Arief kepada awak media usai menghadiri rapat dengan Komisi IV DPR RI.

Baca Juga: Wacana Impor Beras, Buwas: Perintah Negara, Bukan Maunya Bulog!

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya