Comscore Tracker

LRT Jabodebek Kecelakaan, Dirut INKA Minta Maaf ke Luhut hingga Erick

Dirut INKA janji bakal bertanggung jawab penuh

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT INKA (Persero), Budi Noviantoro menyampaikan permintaan maaf kepada sejumlah pihak atas kecelakaan tabrakan dua rangkaian kereta (trainset) LRT Jabodebek.

Permintaan maafnya itu dia sampaikan kepada Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi; Menteri BUMN, Erick Thohir; dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; dan lain-lain.

"Saya atas nama Dirut dan Direksi PT INKA mohon maaf kepada semua pihak, Pak Menteri Perhubungan, Pak Menteri BUMN, Pak Menko Marves khususnya yang membantu, juga yang luar biasa, dan yang lain-lain yang terkait, PT KAI, LRT Jabodebek, dan juga teman-teman yang lain," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (25/10/2021).

Baca Juga: LRT Tabrakan di Munjul, Dirut PT INKA: Ada Indikasi Human Error

1. Dirut PT INKA pastikan bakal bertanggung jawab penuh

LRT Jabodebek Kecelakaan, Dirut INKA Minta Maaf ke Luhut hingga ErickLRT Jabodebek. (Dok. BKIP Kementerian Perhubungan)

Budi mengatakan kecelakaan yang terjadi pada pukul 13.00 WIB tadi merupakan musibah. Pihaknya juga berjanji untuk bertanggung jawab.

"Ya musibah-lah, harus kita terima, dan risikonya harus kita bertanggung jawab," tutur Budi.

2. Dua kereta yang bertabrakan bakal dibawa ke Madiun

LRT Jabodebek Kecelakaan, Dirut INKA Minta Maaf ke Luhut hingga ErickDok. IDN Times/Istimewa

Budi mengatakan kecelakaan terjadi saat trainset nomor 29 hendak langsir (memindahkan kereta ke jalur lain), lalu melaju dengan kecepatan yang di luar standar sehingga menabrak trainset 20 yang sedang dalam kondisi terparkir.

Dia mengatakan untuk saat ini kerusakan yang sudah diketahui ada pada kabin kereta. Untuk itu, setelah investigasi penyebab kecelakaan usai, pihaknya akan membawa kedua trainset tersebut ke kantor pusat INKA di Madiun, Jawa Timur untuk diperbaiki.

"Nanti setelah KNKT clear, atau pihak lain barangkali dari Kepolisian, tapi ya mudah-mudahan tidak, kayaknya sih tidak ada korban. Nanti ya keretanya kita bawa ke sini, kita benarin lagi, mungkin komponennya masih ada. Kalau tidak ada ya kita beli lagi gak apa-apa," ucap dia.

Baca Juga: [BREAKING] Masinis LRT yang Tabrakan di Munjul Dilarikan ke RS Meilia Cibubur

3. Masinis kereta dibawa ke RS Meilia Cibubur

LRT Jabodebek Kecelakaan, Dirut INKA Minta Maaf ke Luhut hingga ErickLRT Jabodebek. (Dok. BKIP Kementerian Perhubungan)

Budi mengatakan kecelakaan itu menyebabkan seorang masinis yang mengendarai trainset 29 mengalami luka ringan dan shock. Masinis tersebut pun sudah dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Meilia Cibubur. Dia memastikan masinis tersebut dalam kondisi sadar.

"Gak apa-apa (kondisi masinis), dari pertama memang sadar. Jadi kelihatannya kuat," ujar Budi.

Baca Juga: Nasib Uji Coba LRT Jabodebek Tunggu Hasil Investigasi KNKT

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya