Comscore Tracker

LRT Jabodebek Tabrakan, Kemenhub: Harusnya Bisa Lebih Hati-hati!

Kecelakaan LRT Jabodebek berdampak minor

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan kecelakaan LRT Jabodebek di antara petak Stasiun Harjamukti–Stasiun Ciracas, Jakarta Timur, berdampak minor atau kecil pada keseluruhan proyek.

Lebih rinci, dampak minor itu ada pada beberapa third rail jalur tersebut. Namun, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri memastikan tak ada kerusakan pada struktur proyek.

Baca Juga: LRT Tabrakan di Munjul, Dirut PT INKA: Ada Indikasi Human Error

1. Kemenhub menyayangkan kecelakaan LRT Jabodebek

LRT Jabodebek Tabrakan, Kemenhub: Harusnya Bisa Lebih Hati-hati!LRT Jabodebek. (Dok. BKIP Kementerian Perhubungan)

Meski begitu, Zulkifli menyayangkan kecelakaan LRT Jabodebek yang terjadi saat persiapan uji coba itu. Menurutnya, persiapan uji coba seharusnya dilakukan dengan hati-hati, yakni dengan memastikan faktor keselamatan dan keamananan transportasi LRT Jabodebek.

"Sudah seharusnya proses ini dilakukan dengan cermat dan penuh kehati-hatian," ucap Zulfikri dalam keterangan resminya, Senin (25/10/2021).

Dia pun meminta PT INKA melaksanakan uji coba dengan lebih berhati-hati ke depannya. "Kami imbau kepada pihak PT INKA agar lebih berhati-hati dalam melaksanakan uji coba dan selalu mengutamakan faktor keselamatan," tutur Zulfikri.

2. Kemenhub minta proses investigasi dilakukan dengan baik

LRT Jabodebek Tabrakan, Kemenhub: Harusnya Bisa Lebih Hati-hati!Stasiun LRT Jabodebek di Taman Mini, Jakarta Timur (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Direktur PT INKA, Budi Noviantoro mengatakan proses investigasi penyebab kecelakaan dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Untuk itu, Zulfikri meminta proses investigasi dan evaluasi kecelakaan ini segera dilaksanakan dengan baik, karena aspek keselamatan tetap harus menjadi prioritas utama dalam bertransportasi.

Baca Juga: [BREAKING] Masinis LRT yang Tabrakan di Munjul Dilarikan ke RS Meilia Cibubur

3. Kemenhub tegaskan tak ada korban jiwa

LRT Jabodebek Tabrakan, Kemenhub: Harusnya Bisa Lebih Hati-hati!IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dari kecelakaan tersebut, dilaporkan seorang masinis mengalami luka ringan dan shock. Oleh sebab itu, Zulfikri memastikan tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

"Kami juga turut prihatin atas satu korban luka dalam insiden ini yaitu Masinis yang saat ini sudah dirawat di rumah sakit dan mendoakan korban dapat segera pulih. Kami pastikan dalam insiden ini tidak ada korban jiwa," ujar Zulfikri.

Baca Juga: LRT Jabodebek Kecelakaan, Dirut INKA Minta Maaf ke Luhut hingga Erick

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya