Comscore Tracker

Luhut Gencar Merayu AS untuk Tingkatkan Investasi di RI

Luhut bertemu sejumlah pejabat dan pimpinan perusahaan AS

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan baru saja berkunjung ke Amerika Serikat (AS) selama 3 hari, yakni pada 17-19 Oktober 2021 kemarin. Kunjungan luhut dalam rangka menemui sejumlah pejabat pemerintah AS, World Bank, International Monetary Fund (IMF), pimpinan perusahaan di AS untuk membahas investasi dan isu lingkungan.

Dalam kunjungan itu, Luhut bertemu Utusan Khusus Presiden AS untuk iklim John Kerry; Presiden World Bank, David Malpass; Penasehat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan; Managing Director International Monetary Fund (IMF); Kristalina Georgieva; dan pimpinan sejumlah perusahaan AS seperti Apple, Tesla, Starlink, dan Chevron.

Baca Juga: Pejabat Keamanan AS Temui Luhut, Ini yang Dibahas

1. AS bakal tingkatkan investasi di EBT

Luhut Gencar Merayu AS untuk Tingkatkan Investasi di RIMenko Marves Luhut B. Pandjaitan melakukan kunjungan ke Amerika Serikat untuk menemui beberapa pihak. (dok. Kemenko Marves)

Salah satu kerja sama yang dibahas adalah percepatan transisi menuju energi baru dan terbarukan (EBT). Luhut mengatakan AS akan meningkatkan investasi pendanaan dan teknologi di percepatan transisi EBT.

“Untuk target conditional saat ini 41 persen dapat diupayakan naik menjadi 50 persen dengan dukungan dari AS,” kata Luhut dalam keterangan resminya, Kamis (21/10/2021).

Tak hanya itu, Luhut juga membahas target pengurangan emisi dan dukungan internasional dengan Presiden World Bank David Malpass, selain membahas vaksinasi, transisi energi, dan konservasi. Kristalina Georgieva juga menyatakan IMF akan mendukung Indonesia dalam program keamanan kesehatan global.

“Saya sangat mengapresiasi penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Indonesia dan berbagai langkah strategis yang diambil demi memulihkan ekonomi yang ada,” tutur Kristalina.

Dia juga mengimbau agar penguatan UMKM sebagai tulang punggung pemulihan ekonomi terus didorong oleh pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Luhut Klaim Indonesia Serius Kendalikan Perubahan Iklim

2. Luhut juga ajak AS investasi di proyek strategis RI

Luhut Gencar Merayu AS untuk Tingkatkan Investasi di RIIlustrasi Investasi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam perbincangan dengan Jack Sullivan, Luhut membahas mengenai upaya peningkatan kerjasama AS dengan RI dalam mengatasi krisis iklim, keamanan kesehatan global, kehadiran investasi AS pada sektor strategis di Indonesia.

Luhut juga membahas komunikasi strategis antara Pemerintah AS dan Indonesia, serta dinamika politik dan keamanan maritim di kawasan Asia dan Asia Tenggara.

Baca Juga: Lagi di Amerika Serikat, Luhut dan BGS Berburu Obat COVID-19

3. Luhut bertemu pimpinan Tesla hingga Starlink buat bahas investasi di RI

Luhut Gencar Merayu AS untuk Tingkatkan Investasi di RIIlustrasi Uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain bertemu dengan pejabat pemerintahan AS serta pimpinan World Bank dan IMF, Luhut juga menemui sejumlah pimpinan perusahaan seperti Apple, Tesla, Starlink, dan Chevron dalam rangka meningkatkan iklim berinvestasi dan berusaha di Indonesia.

Luhut mengatakan dari hasil pertemuan itu, Apple berkomitmen untuk membuka Apple Developer Academy di berbagai daerah di Indonesia, perluasan dari yang saat ini sudah ada di Batam dan BSD. Sementara itu, dengan pihak Tesla dan Starlink dibahas mengenai kelanjutan rencana investasi di Indonesia.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya