Comscore Tracker

Mulai 28 Mei, Transit di Stasiun Manggarai Gak Perlu Seberangi Rel

Operasi KRL berubah mulai 28 Mei

Jakarta, IDN Times - Mulai Sabtu (28/5/2022) mendatang, pengguna KRL yang hendak transit di Stasiun Manggarai tak perlu lagi menyeberang rel.

Hal ini sejalan dengan perubahan operasi KRL Jabodetabek khususnya untuk Bogor Line dan Cikarang/Bekasi Line imbas dari pelaksanaan Switch Over (SO) ke-5.

"Transit di Manggarai itu kayaknya ruwet. Nah transit saat ini tak perlu menyeberang rel. Tinggal turun atau naik pakai eskalator, lift, atau tangga manual," kata VP Corporare Communication KAI Commuter Line, Anne Purba dalam Diskusi Persiapan SO ke-5 di kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Revitalisasi Stasiun Manggarai Dilanjutkan, Rute KRL Jabodetabek Berubah

1. Jalur 1 sampai 5 di Stasiun Manggarai tak lagi dilalui KRL

Mulai 28 Mei, Transit di Stasiun Manggarai Gak Perlu Seberangi RelSuasana Jalur Layang di Stasiun Manggarai dengan wajah baru (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Dengan SO ke-5 tersebut, maka KRL Bogor Line hanya melayani rute ke Stasiun Jakarta Kota. Sementara itu, dan KRL Cikarang/Bekasi Line beroperasi dengan dua pola, sebagai berikut:

- Full Racket (Looping)

  • Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang
  • Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang

- Half Racket

  • Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang – Kampung Bandan (PP)
  • Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (PP).

Dengan demikian, KRL hanya melintas di jalur 6, 7, 10, 11, 12, dan 13 di Stasiun Manggarai, dan tak lagi melintas di jalur 1 sampai 5.

"Yang dilayani di bawah hanya jalur 6 dan 7. Dan di atas jalur 10 sampai 13," ujar Anne.

2. Hampir 60 persen dari pengguna KRL Cikarang/Bekasi Line transit di Stasiun Manggarai

Mulai 28 Mei, Transit di Stasiun Manggarai Gak Perlu Seberangi RelIlustrasi KRL (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Anne mengatakan perubahan pola operasi ini juga ditujukan untuk mengurangi penyeberangan pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai, sehingga bisa meningkatkan keamanan pengguna.

Sebab, dia mencatat hampir 60 persen dari pengguna KRL Cikarang/Bekasi Line melakukan transit di Stasiun Manggarai ke jalur yang melayani rute ke Tanah Abang.

"Yang dari Bekasi berapa persen transit ke Tanah Abang? Hampir 60 persen," tutur Anne.

Baca Juga: Pergantian Rute KRL Sudah Final, Menhub: Manggarai Jadi Sentra Moda 

3. Pintu Timur di Stasiun Manggarai masih beroperasi

Mulai 28 Mei, Transit di Stasiun Manggarai Gak Perlu Seberangi RelRancangan miniatur Stasiun Manggarai (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Meski SO ke-5 ini juga bertujuan mengurangi jumlah pengguna KRL yang menyeberangi rel, namun pintu timur di Stasiun Manggarai masih dibuka.

Dengan demikian, masyarakat yang berangkat dari Stasiun Manggarai dan masuk lewat pintu timur, masih harus menyeberang ke jalur 6 dan 7 untuk menggunakan KRL.

"Crossing pintu timur memang masih kita buka. Sehingga penumpang pintu timur pasti masih crossing ke jalur 6-7. Tapi kita upayakan crossing dipusatkan di ujung dan ujung. Dan nanti akan dibantu petiugas PT KAI dan KAI Commuter sehingga crossing bisa seaman mungkin," tutur Rode.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya