Comscore Tracker

Penumpang Garuda dan Citilink Bisa Vaksinasi Gratis! Begini Caranya

Vaksinasi digelar di Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta, IDN Times - Penumpang maskapai Garuda Indonesia dan Citilink kini bisa mendapatkan vaksin COVID-19 gratis. Program ini telah dimulai sejak Sabtu (3/7/2021) kemarin.

Vaksinasi ini diperuntukkan kepada penumpang Garuda dan Citilink yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta. Dengan program ini, penumpang yang hendak pergi menggunakan pesawat bisa melakukan vaksinasi untuk memenuhi syarat perjalanan domestik selama PPKM Darurat.

"Kami percaya program vaksinasi ini merupakan game changer yang memegang peranan penting dalam upaya penanggulangan pandemik di Indonesia dan sudah seharusnya mendapatkan dukungan penuh semua pihak," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dalam keterangan resminya yang dikutip IDN Times, Minggu (4/7/2021).

Terpisah, Direktur Utama Citilink Juliandra mengatakan program vaksinasi gratis ini diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Program ini merupakan komitmen dan wujud nyata dukungan perusahaan terhadap percepatan program vaksinasi COVID-19, khususnya untuk memperluas akses vaksin bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin sebelumnya," ujar Juliandra.

1. Lokasi vaksinasi

Penumpang Garuda dan Citilink Bisa Vaksinasi Gratis! Begini CaranyaIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Baca Juga: [BREAKING] PPKM Darurat: Naik Pesawat, Bus, Kereta Harus Tunjukkan Sudah Vaksin 

Untuk penumpang Garuda, vaksinasi COVID-19 gratis bertempat di area customer service Garuda Indonesia Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Layanan tersebut dimulai pada pukul 08.00-14.00 WIB setiap harinya.

Sementara itu, untuk penumpang Citilink, lokasi vaksinasi COVID-19 gratis berada di Lounge Umroh Domestik Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Pelayanan vaksinasi beroperasi mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

2. Syarat vaksinasi

Penumpang Garuda dan Citilink Bisa Vaksinasi Gratis! Begini Caranyailustrasi penyuntikan vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Vaksinasi untuk penumpang maskapai Garuda Indonesia dan Citilink ini gratis. Untuk penumpang Garuda, syaratnya hanya menyertakan KTP.

Sementara itu, untuk penumpang Citilink harus melakukan registrasi di lokasi pendaftaran vaksinasi yang berada di area kedatangan domestik (east lobby) Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan membawa dokumen berupa tiket penerbangan dan KTP asli bagi penumpang yang berusia 18 tahun ke atas dan Kartu Keluarga (KK) bagi penumpang yang berusia 12-17 tahun.

3. Pelaksanaan vaksinasi

Penumpang Garuda dan Citilink Bisa Vaksinasi Gratis! Begini CaranyaIlustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Layanan vaksinasi ini dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional dari Garuda Sentra Medika (GSM), yang merupakan unit layanan kesehatan Garuda Indonesia. Vaksinasi ini juga bekerja sama dengan otoritas kesehatan setempat di wilayah Bandara Soekarno-Hatta. 

Pelaksanaannya mengacu pada petunjuk pelaksanaan prosedur vaksinasi COVID-19 untuk jenis vaksin Sinovac, termasuk ketentuan screening penerima vaksin mengacu pada ketentuan yang berlaku.

Bagi penumpang Garuda yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait dengan pelaksanaan layanan vaksinasi COVID-19 Garuda Indonesia tersebut dapat mengakses https://www.garuda-indonesia.com/id/id/special-offers/sales-promotion/vaksinasi-bersama-garuda-indonesia.

Sedangkan, untuk penumpang Citilink bisa menghubungi Call Center di 0804-1-080808 atau layanan live chat di www.citilink.co.id.

Baca Juga: Naik Pesawat Wajib Vaksin, Penumpang Diprediksi Terus Merosot

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya