Comscore Tracker

Program Mudik Gratis dengan Kapal Laut Tak Penuhi Kuota

Masih cukup banyak kuota yang tersedia

Jakarta, IDN Times - Kapal terakhir yang akan memberangkatkan peserta program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut akan berangkat malam ini, pukul 22.00 WIB dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Adapun kapal yang akan mengangkut peserta mudik gratis itu adalah KM Ciremai yang dioperasikan PT PELNI. Rute program mudik tersebut adalah Jakarta - Semarang - Surabaya.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik 2022, Stasiun Bandung Banjir Pemudik! 

1. Jumlah peserta kurang dari kapasitas maksimal

Program Mudik Gratis dengan Kapal Laut Tak Penuhi KuotaKM Ciremai yang akan melayani program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut. (dok. PELNI)

Dari data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), hingga pagi tadi kuota yang terisi belum memenuhi kapasitas yang tersedia.

“Sampai tadi pagi jam 10, yang sudah terdaftar itu 907 motor dan 1.985 orang. Kemudian setelah dilakukan verifikasi, 825 unit motor dan 1.877 orang,” tutur Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Capt Mugen S. Sartoto dalam konferensi pers virtual, Jumat (29/4/2022).

Adapun kuota yang disiapkan ialah 1.250 unit sepeda motor dan 2.500 penumpang.

2. Jumlah peserta di keberangkatan pertama juga kurang dari kapasitas maksimal

Program Mudik Gratis dengan Kapal Laut Tak Penuhi KuotaKM Dobonsolo yang akan melayani program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut. (dok. PELNI)

Adapun program mudik gratis ini dilaksanakan dengan dua keberangkatan. Pertama pada Selasa (26/4) lalu dengan KM Dobonsolo.

Dari data yang disampaikan, realisasi peserta pada keberangkatan pertama juga tak memenuhi kapasitas yang tersedia.

“Yang pertama sudah diberangkatkan pada 26 April kemarin dengan selamat sudah tiba di Semarang dan Surabaya. Saat itu membawa 470 orang peserta mudik gratis, 416 orang biasa dan 216 unit sepeda motor,” ujar Mugen.

Baca Juga: H-4 Lebaran, 2 Juta Orang Laksanakan Mudik 

3. Disediakan angkutan arus balik

Program Mudik Gratis dengan Kapal Laut Tak Penuhi KuotaPenumpang membawa barang bawaannya berjalan memasuki Kapal Motor Kirana III di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Program ini juga akan disediakan untuk angkutan arus balik Lebaran 2022. Nantinya, KM Ciremai akan berangkat pada 9 Mei 2022 pukul 17.00 WIB, dengan rute Surabaya - Semarang - Jakarta.

Adapun KM Dobonsolo akan berangkat pada 11 Mei 2022 dengan rute yang sama.

Per Minggu (24/4) kemarin, jumlah peserta untuk arus balik dengan KM Ciremai sebanyak 578 sepeda motor dan 1.335 penumpang.

Adapun dengan KM Dobonsolo pada 11 Mei 2022 sudah terdaftar 287 motor, dengan penumpang 629 orang.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya