Comscore Tracker

Respons Menhub Usai 'Ditegur' Jokowi soal Tiket Pesawat Mahal

Menhub minta Pemda beri subsidi harga tiket pesawat

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi merespons 'teguran' Presiden Joko "Jokowi" Widodo terkait harga tiket pesawat yang mahal.

Budi mengatakan pihaknya tengah mengupayakan agar harga tiket pesawat bisa turun dengan sejumlah instansi, termasuk pemerintah daerah (Pemda).

“Menindaklanjuti arahan bapak Presiden, kami telah dan akan membahasnya lebih detail dan intensif dengan sejumlah pemangku kepentingan, termasuk dengan pemerintah daerah," kata Budi dikutip dari keterangan resminya, Jumat (19/8/2022).

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal, Jokowi: Saya Perintah Segera Selesaikan

1. Budi minta Pemda bantu subsidi komponen harga tiket pesawat

Respons Menhub Usai 'Ditegur' Jokowi soal Tiket Pesawat MahalSejumlah pesawat dari berbagai maskapai parkir di Apron Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 7 Mei 2021. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Selain itu, dia juga telah meminta Pemda bisa memberikan subsidi pada komponen-komponen dalam harga tiket pesawat, sehingga harganya bisa turun.

"Harga avtur memang mengakibatkan harga tiket naik, tetapi ada strategi pengelolaan yang harus dikoordinasikan secara detail sehingga harga tiket bisa tetap terkendali dan tidak memberikan efek kenaikan inflasi yang terlalu tinggi,” ujar Budi.

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal, Pemerintah Tak Mungkin Beri Subsidi dari APBN

2. Okupansi pesawat masih rendah di beberapa daerah

Respons Menhub Usai 'Ditegur' Jokowi soal Tiket Pesawat MahalIlustrasi warga negara asing menjadi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Menurut Budi, di beberapa daerah, tingkat keterisian (okupansi) pesawat hanya 50 persen, atau bahkan kurang dari itu. Maka itu, dia mendorong Pemda untuk memberikan subsidi dan juga turut memasarkan, agar okupansi penumpang pesawat meningkat.

“Kalau tingkat keterisian bisa naik maka harga akan terkendali, karena harga tiket berbanding lurus dengan tingkat keterisian,” tutur Budi.

3. Jokowi 'tegur' Menhub gara-gara harga tiket pesawat mahal

Respons Menhub Usai 'Ditegur' Jokowi soal Tiket Pesawat MahalKonferensi Pers Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo tentang IUP, HGU, dan HGB pada Kamis (6/1/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnnya, Jokowi memerintahkan anak buahnya untuk menurunkan harga tiket pesawat. Jokowi telah menerima laporan akan mahalnya harga tiket moda transportasi udara tersebut.

Jokowi telah meminta Budi untuk menyelesaikan permasalahan mahalnya harga tiket pesawat.

"Di lapangan yang saya dengar juga keluhan 'Pak, harga tiket pesawat tinggi' sudah langsung saya reaksi, Pak Menteri Perhubungan saya perintah segera ini diselesaikan," katanya dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Melonjak, Sandi Klaim Jumlah Turis Malah Naik

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya