Comscore Tracker

Stabilkan Harga Tiket Pesawat, Erick Minta Garuda Tambah Penerbangan

Jumlah penerbangan pesawat masih belum optimal

Jakarta, IDN Times - Menindaklanjuti arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang ingin harga tiket pesawat turun, Menteri BUMN Erick Thohir meminta PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk untuk menambah jumlah penerbangan pesawat.

Hal itu dilakukan demi memenuhi permintaan masyarakat yang tinggi, yang juga menjadi faktor naiknya harga tiket pesawat.

"Ini saatnya bagi Garuda untuk hadir dan menjawab kepercayaan dan dukungan masyarakat yang kini tengah membutuhkan harga tiket pesawat yang terjangkau," kata Erick dikutip dari keterangan resmi, Jumat (19/8/2022).

Baca Juga: Bos Garuda Sebut Maskapai Sudah Patuhi Ketentuan Harga Tiket Pesawat

1. Perlu peran semua pihak turunkan harga tiket pesawat

Stabilkan Harga Tiket Pesawat, Erick Minta Garuda Tambah PenerbanganLivery masker pesawat Garuda Indonesia (Dok.Garuda Indonesia)

Menurut Erick, untuk menurunkan harga tiket pesawat membutuhkan bantuan banyak pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, hingga swasta.

Dia pun mendukung langkah Kemenhub yang meminta pemerintah daerah (pemda) untuk membantu meningkatkan tingkat keterisian (okupansi) pesawat dengan memberikan subsidi pada komponen harga tiket pesawat.

"Dengan kolaborasi menyeluruh, kita optimistis dapat segera menstabilkan harga tiket pesawat. Hal ini tentu akan berdampak besar bagi aktivitas dan juga perekonomian masyarakat kita yang sangat membutuhkan moda transportasi udara tersebut," ucap Erick.

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal, Pemerintah Tak Mungkin Beri Subsidi dari APBN

2. Inflasi harus dijaga dengan turunkan harga tiket

Stabilkan Harga Tiket Pesawat, Erick Minta Garuda Tambah PenerbanganIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Erick mengatakan permintaan Jokowi harus dipenuhi karena akan berpengaruh besar pada pengendalian inflasi di dalam negeri.

"Kemarin saat Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022 di Istana Negara, Bapak Presiden secara tegas meminta agar harga tiket pesawat dapat distabilkan karena ini penting dampaknya bagi pengendalian inflasi kita," ujar Erick.

3. Menhub minta pemda beri subsidi harga tiket pesawat

Stabilkan Harga Tiket Pesawat, Erick Minta Garuda Tambah PenerbanganMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (dok. ANTARANews)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi merespons 'teguran' Jokowi terkait harga tiket pesawat yang mahal.

Budi mengatakan pihaknya tengah mengupayakan agar harga tiket pesawat bisa turun dengan sejumlah instansi, termasuk pemerintah daerah (Pemda).

Selain itu, dia juga telah meminta Pemda bisa memberikan subsidi pada komponen-komponen dalam harga tiket pesawat, sehingga harganya bisa turun.

"Kami pun telah berkirim surat kepada pemerintah daerah untuk turut mendukung konektivitas dengan turut membantu memastikan tingkat keterisian penumpang, memberikan subsidi dan insentif lainnya. Harga avtur memang mengakibatkan harga tiket naik, tetapi ada strategi pengelolaan yang harus dikoordinasikan secara detail sehingga harga tiket bisa tetap terkendali dan tidak memberikan efek kenaikan inflasi yang terlalu tinggi,” ujar Budi.

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal? Nih 10 Ide Healing Hemat, Gak Harus Pergi Jauh 

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya