Comscore Tracker

Terbang Pakai Lion Air Group Juga Dapat Vaksin Gratis

Vaksinasi wajib bagi penumpang pesawat dari dan ke Jawa-Bali

Jakarta, IDN Times - Penumpang maskapai Lion Air, Batik Air, dan Wings Air (Lion Air Group) bisa mengikuti program vaksinasi gratis di Bandara Soekarno-Hatta. Program ini diadakan sebagai tindak lanjut pengetatan syarat perjalanan menggunakan pesawat dari dan ke Pulau Jawa dan Bali selama masa PPKM Darurat.

Dalam ketentuan PPKM Darurat, khusus transportasi darat, laut, dan udara yang berlaku Senin (5/7/2021) ini ditetapkan calon penumpang wajib membawa kartu vaksinasi minimal tahap I, atau hasil swab PCR (2x24 jam), atau swab antigen (1x2 jam)

Baca Juga: Penumpang Garuda dan Citilink Bisa Vaksinasi Gratis! Begini Caranya

1. Syarat vaksinasi bagi penumpang Lion Air Group

Terbang Pakai Lion Air Group Juga Dapat Vaksin GratisIlustrasi Vaksin. IDN Times/Arief Rahmat

Dikutip dari pernyataan resmi Lion Air Group, Senin (5/7/2021), vaksinasi ini khusus untuk penumpang Lion Air Group yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, atau penumpang dengan tujuan akhir Bandara Soekarno-Hatta. 

Vaksinasi diberikan untuk penumpang berusia minimum 12 tahun. Untuk anak-anak harus didampingi oleh orang tua. Selain itu, penumpang harus membawa sejumlah dokumen yang diperlukan antara lain:

  • Tiket atau dokumen yang berisi informasi untuk masuk/ naik ke pesawat udara (boarding pass) yang masih berlaku
  • KTP asli
  • KK untuk anak yang belum memiliki KTP
  • Kartu atau sertifikat vaksin dosis pertama bagi penumpang yang akan melakukan vaksinasi dosis kedua.

Bagi penumpang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu disarankan lebih dahulu konsultasi kepada dokter serta disarankan menerima vaksin setelah mendapatkan rekomendasi dari dokter.

2. Lokasi vaksinasi

Terbang Pakai Lion Air Group Juga Dapat Vaksin GratisIDN Times/Uni Lubis

Vaksinasi berlokasidi area Kedatangan Terminal 2 D-E Bandara Soekarno-Hatta, mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Penumpang disarankan datang 4 jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan.

Penumpang wajib mematuhi protokol kesehatan, menerapkan pola hidup sehat sebelum, saat dan setelah proses vaksinasi. Lalu, penumpang disarankan menggunakan pakaian longgar dan mudah digulung, karena tindakan penyuntikan vaksin akan dilakukan di bagian lengan.

Baca Juga: Pengetatan Syarat Perjalanan Jawa-Bali Mulai Hari Ini, Cek Rinciannya

3. Pemeriksaan syarat perjalanan

Terbang Pakai Lion Air Group Juga Dapat Vaksin GratisBandara Soekarno Hatta atau Soetta/ Dok. Angkasa Pura II

Pemerintah mewajibkan penumpang pesawat melampirkan hasil negatif PCR dan juga kartu/sertifikat vaksinasi (minimal dosis pertama). Nantinya, setiap penumpang Lion Air Group akan diperiksa kelengkapan syarat perjalanannya. Adapun prosedurnya sebagai berikut:

  • Penumpang menyerahkan surat keterangan hasil uji kesehatan Covid-19 dari instansi kesehatan yangditunjukkan penumpang kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), 
  • KKP memeriksa dan mengesahkan dari surat keterangan tersebut, 
  • Pemeriksaan keamanan pertama (security check point 1) oleh petugas aviation security pengelola bandarudara, 
  • Pemeriksaan keamanan kedua (security check point 2) oleh petugas aviation security pengelola bandara.  

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya