Comscore Tracker

Terima 500 Ribu Dosis Hari Ini, RI Punya 8 Juta Vaksin Sinopharm

Vaksin Sinopharm untuk program Vaksinasi Gotong Royong (VGR)

Jakarta, IDN Times - Indonesia kembali kedatangan vaksin produksi Sinopharm. Sebanyak 500 ribu dosis tiba di Tanah Air, Selasa (3/8/2021). Vaksin tersebut akan digunakan untuk program Vaksinasi Gotong Royong (VGR) yang digelar oleh BUMN dan KADIN.

"Kedatangan vaksin Sinopharm ini merupakan bagian dari VGR yang merupakan kerja sama antara BUMN, Bio Farma dan Kimia Farma dengan pihak KADIN," kata Wakil Menteri BUMN, Pahala Nugraha Mansury dalam konferensi pers kedatangan vaksin Sinopharm tahap ke-3 yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Pfizer dan Moderna Naikkan Harga Vaksin untuk Eropa

1. Sudah 8 juta dosis vaksin Sinopharm tiba di RI

Terima 500 Ribu Dosis Hari Ini, RI Punya 8 Juta Vaksin SinopharmKedatangan vaksin Sinopharm tahap ke-3 (dok. IKP Kementerian Kominfo)

Dengan kedatangan vaksin hari ini, maka sudah 8 juta dosis vaksin Sinopharm tiba di Indonesia.

"Karena sebelumnya kita sudah menerima 7,5 juta dosis, keseluruhannya kita sudah menerima 8 juta dosis vaksin Sinopharm di Indonesia," ujar Pahala.

Pahala meminta agar vaksin yang baru tiba ini bisa langsung didistribusikan dan disuntikkan kepada pegawai di perusahaan-perusahaan, keluarga, dan juga masyarakat di sekitar perusahaan yang mengikuti program VGR tersebut.

"Kita harus upayakan kedatangan vaksin ini bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat. Bagi masyarakat khususnya dalam hal ini badan usaha dan badan hukum yang memiliki karyawan, keluarga, atau masyarakat di sekelilingnya, diharapkan untuk bisa divaksinasi oleh badan hukum dan badan usaha tersebut," ucap dia.

2. Perusahaan diminta segera daftar program VGR

Terima 500 Ribu Dosis Hari Ini, RI Punya 8 Juta Vaksin SinopharmKedatangan Vaksin Sinopharm Tahap 3 (dok. IKP Kementerian Kominfo)

Untuk mengakselerasi program vaksinasi nasional, Pahala meminta perusahaan yang belum mengikuti program VGR agar segera mendaftar. Dengan demikian, para pegawainya bisa langsung divaksinasi.

"Kami mengimbau untuk segera menghubungi kami atau pihak KADIN, sehingga kami bisa mengakselerasi proses vaksinasi tersebut, tutur Pahala.

Dengan program ini, maka harapannya target vaksinasi 2 juta dosis per hari bisa tercapai. "VGR seperti yang diketahui merupakan upaya dari kita semua untuk bisa berkontribusi meningkatkan jumlah vaksinasi per hari, yang ditargetkan akan bisa mencapai 2 juta vaksinasi per hari," tutur Pahala.

Baca Juga: Heboh Influencer Ngaku Vaksin Dosis 3,  DPRD: Tidak Ada Vaksin Booster

3. KADIN sebut jumlah vaksin Sinopharm di RI sudah sangat memadai

Terima 500 Ribu Dosis Hari Ini, RI Punya 8 Juta Vaksin SinopharmKedatangan Vaksin Sinopharm Tahap 3 (dok. IKP Kementerian Kominfo)

Lebih lanjut, Wakil Ketua Umum KADIN, Shinta Widjaja Kamdani mengatakan jumlah vaksin Sinopharm di Indonesia sudah sangat memadai. Oleh sebab itu, dia mengajak perusahaan-perusahaan segera mendaftar ke program VGR.

"Pada awalnya disadari pasokan vaksin masih terbatas, namun saat ini sudah jauh mencukupi untuk bisa dialokasikan bagi semua perusahaan yang berminat untuk berpartisipasi. Kebutuhan vaksin ini sudah bisa terpenuhi, dan kami akan terus membantu untuk mendorong mempercepat dengan meningkatkan target sasaran yang divaksin," kata Shinta.

Baca Juga: Bos KADIN Usul Pengunjung Mal Tunjukkan Sertifikat Vaksin di Masa PPKM

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya