Comscore Tracker

World Bank Soroti Kasus Kematian COVID-19 di RI Tertinggi di Dunia

Bank Dunia soroti tingginya kasus kematian akibat COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kasus kematian akibat COVID-19 di Indonesia paling tinggi di dunia. Hal itu pun disoroti oleh Penasihat Ekonomi Senior Bank Dunia atau Senior Economic Advisor World Bank, Philip Schellekens.

"Secara absolut Indonesia sejauh ini menjadi kontributor terbesar terhadap angka kematian global (akibat COVID-19)," tulis Philip di akun Twitter pribadinya @fibke seperti yang dikutip IDN Times, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: [UPDATE] Kasus Kematian Harian COVID-19 RI Tertinggi di Dunia

1. Indonesia kalahkan Brasil dalam daftar kematian akibat COVID-19 paling tinggi di dunia

World Bank Soroti Kasus Kematian COVID-19 di RI Tertinggi di DuniaSuasana TPU Rorotan pada Jumat (9/7/2021). (IDN Times/Uni Lubis)

Sebelumnya, negara yang melaporkan angka kematian akibat COVID-19 di dunia adalah Brasil. Dengan tingginya angka kematian akibat COVID-19 dalam sepekan terakhir ini, Indonesia mendepak Brasil dari posisi negara nomor 1 dengan kasus kematian paling tinggi di dunia.

"Setiap sekitar 1.700 penduduk Indonesia meninggal akibat COVID. Hal itu membuat Indonesia menjadi kontributor terbesar atas kasus kematian, dan posisi kedua adalah Brasil dengan kasus kematian sekitar 1.000 jiwa per hari," tulis Philip.

2. Kasus kematian di India sudah menurun

World Bank Soroti Kasus Kematian COVID-19 di RI Tertinggi di DuniaKremasi masal korban tewas akibat terinfeksi virus corona (COVID-19), terlihat di sebuah lapangan krematorium di New Delhi, India, Kamis (22/4/2021). Gambar diambil menggunakan drone. ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui

India yang sempat mengalami lonjakan kasus COVID-19 yang sangat tinggi kini sudah menunjukkan perbaikan. Berdasarkan data situs web pandemic yang dilampirkan Philip, kasus kematian akibat COVID-19 di India sekitar lebih dari 400 jiwa per hari. India pun menduduki posisi ke-4 dalam daftar negara-negara dengan kasus kematian tertinggi.

Sementara itu, posisi ketiga setelah Brasil diduduki oleh Rusia dengan kasus kematian hampir mencapai angka 800 jiwa per hari.

Dikutip dari data World O Meters per (31/7) kemarin, Indonesia memang menduduki posisi pertama dengan kasus kematian harian akibat COVID-19 tertinggi. Berdasarkan data Satgas COVID-19, kasus kematian di Indonesia kemarin bertambah 1.808 jiwa.

Posisi kedua adalah Brasil, yakni 925 jiwa. Lalu ketiga Rusia 792 jiwa, dan keempat India 542 jiwa. Posisi kelima yaitu Meksiko dengan angka kematian mencapai 459 jiwa. 

Jika dilihat dari data tersebut, hanya Indonesia yang mencatat kasus kematian di atas 1.000 jiwa per hari.

Baca Juga: Ini Isi Paket Obat Gratis untuk Pasien Isoman yang Diresmikan Jokowi

3. Kasus COVID-19 31 Juli

World Bank Soroti Kasus Kematian COVID-19 di RI Tertinggi di DuniaIlustrasi Lonjakan Kasus Virus COVID-19. (IDN Times/Aditya Pratama)

Berdasarkan data Satgas COVID-19, kasus baru COVID-19 bertambah 37.284 kasus. Dengan demikian, sudah 3,4 juta penduduk Indonesia terpapar COVID-19, dengan kasus aktif 545.447 kasus. 

Selanjutnya, jumlah pasien COVID-19 yang sembuh per kemarin bertambah 39.372 orang. Dengan demikian, ada 2,77 juta penduduk Indonesia yang telah sembuh dari COVID-19.

Baca Juga: Corona Renggut 73 Ribu Nyawa, RI Jadi Episentrum COVID Asia Tenggara

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya