Comscore Tracker

Zulhas: 75 Pengusaha Sawit Sepakat Beli TBS Petani Rp1.600 per Kilo

Demi dongkrak harga TBS sawit yang anjlok

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan, telah mengantongi kesepakatan dari 75 pengusaha minyak kelapa sawit untuk menyerap tandan buah segar (TBS) petani, seharga Rp1.600 per kilogram (kg).

Kesepakatan itu diharapkan dapat mendongkrak harga TBS petani yang kini anjlok.

"Seluruh pengusaha pabrik sawit sepakat beli seharga Rp1.600 per kg. Semua sudah sepakat beli Rp1.600 per kg. Semua sudah sepakat, itu semua ada 75 perusahaan tadi," kata Zulhas usai bertemu dengan pengusaha minyak kelapa sawit dan minyak goreng di kantor Kemendag, Jakarta, Senin (27/6/2022).

Baca Juga: Zulhas Yakin Harga Migor Curah Segera Turun ke Rp14 Ribu Pekan Depan

1. Seluruh produsen yang hadir ke Kemendag sepakat beli TBS seharga Rp1.600 per kg

Zulhas: 75 Pengusaha Sawit Sepakat Beli TBS Petani Rp1.600 per KiloMenteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas menggelar pertemuan dengan pengusaha minyak kelapa sawit dan minyak goreng di kantor Kemendag, Jakarta, Senin (27/6/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Zulhas mengatakan, kesepakatan tersebut diperoleh dari para pengusaha minyak kelapa sawit yang hadir ke kantor Kemendag sore tadi.

"Sudah sepakat semua beli Rp1.600, semua produsen tadi (yang hadir)," tutur dia.

Berdasarkan daftar hadir, tercatat ada perwakilan dari Sinarmas, Musim Mas, Permata Hijau Group, Wilmar, Astra Agro, PT BKP, Apical, PT Industri Nabati Lestari (PT INL), dan Asosiasi Industri Minyak Makan Indonesia (AIMMI) hadir dalam pertemuan tersebut.

2. Pemerintah bakal salurkan minyak goreng kemasan sederhana Rp14.000 per liter

Zulhas: 75 Pengusaha Sawit Sepakat Beli TBS Petani Rp1.600 per KiloMenteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas menggelar pertemuan dengan pengusaha minyak kelapa sawit dan minyak goreng di kantor Kemendag, Jakarta, Senin (27/6/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Dalam pertemuan tersebut, Zulhas juga menyampaikan rencana penyaluran minyak goreng curah yang dikemas sederhana, dan dijual seharga Rp14.000 per liter. Minyak itu akan didistribusikan dengan merek Minyak Kita.

Zulhas mengatakan, para pengusaha yang hadir juga akan berpartisipasi dalam program tersebut.

"Hampir semua mau. Karena memudahkan kan, semua positif sekali. Malah suruh cepat-cepat," ucap Zulhas.

Baca Juga: Produsen Jual Migor Kemasan Sederhana Rp14 Ribu Bisa Dapat Insentif

3. Harga TBS anjlok ke Rp300 per kg

Zulhas: 75 Pengusaha Sawit Sepakat Beli TBS Petani Rp1.600 per KiloIlustrasi Kelapa Sawit (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Sebelumnya, Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) Henry Saragih mengatakan, satu bulan pasca-pencabutan larangan ekspor CPO, penyerapan TBS sawit di tingkat petani masih sangat rendah.

Rendahnya permintaan itu membuat harga TBS sawit makin jatuh. Bahkan, ada petani yang terpaksa menjual TBS dengan harga Rp300 per kg.

"Di Tanjung Jabung Timur, harga TBS mencapai di bawah Rp500 per kg kalau aksesnya jauh dari jalan. Ini kan sudah kelewatan. Laporan hari ini ada yang sampai Rp300 per kg," kata Hendry dikutip dari keterangan resmi, Jumat (24/6/2022).

Selain itu, harga TBS di Pasaman Barat, Sumatra menyentuh Barat, contohnya harga TBS sudah Rp600 per kg.

"Ini sudah sangat luar biasa, sawit yang jadi komoditas ekspor seperti tidak ada harganya sama sekali," tutur Henry.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya