Zulhas Temukan Ada Pabrik Beli TBS Sawit Petani di Bawah Rp1.600/Kg 

Harga TBS sawit di petani masih rendah

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas, meninjau sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) di Lampung, salah satunya Pabrik Kelapa Sawit Bekri milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 7.

Zulhas menemukan masih ada pabrik yang membeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di petani dengan harga di bawah yang direkomendasikan pemerintah, yakni minimal Rp1.600 per kilogram (kg).

Baca Juga: Luhut Ingatkan Bupati soal Audit Sawit: Jangan Terima Pelicin!

1. Petani sawit di Lampung keluhkan harga TBS rendah

Zulhas Temukan Ada Pabrik Beli TBS Sawit Petani di Bawah Rp1.600/Kg Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas berdialog dengan petani kelapa sawit yang mengeluhkan bahwa harga TBS masih rendah. (dok. Kemendag)

Dalam kunjungan itu, Zulhas berdialog dengan petani sawit yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Lampung di Desa Merak Batin, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (9/7).

Dalam sesi dialog, para petani sawit mengutarakan rendahnya harga TBS sawit di tingkat petani.

“Kami berdialog dengan petani sawit mengenai apa saja permasalahan yang ada. Kami juga menyampaikan kepada para petani bahwa pelaku usaha telah diminta membeli TBS paling sedikit di harga Rp1.600/kg,” kata Zulhas.

Baca Juga: Luhut Sebut Harga Sawit Jatuh karena Ukraina, PDIP: Alasan Saja Itu!

2. Ekspor CPO perlu digenjot agar TBS sawit petani diserap

Zulhas Temukan Ada Pabrik Beli TBS Sawit Petani di Bawah Rp1.600/Kg ilustrasi brondolan kelapa sawit (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Zulhas mengatakan ekspor minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) terus dipercepat agar tangki-tangki CPO kosong, dan PKS bisa kembali menyerap TBS sawit di petani.

“Dari hasil diskusi dengan para petani sawit di Lampung, kami mendapat gambaran situasi yang dihadapi petani sawit. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, Kemendag terus mendorong ekspor CPO agar tangki-tangki CPO kembali kosong dan TBS petani dapat diserap kembali. Kami ingin hasil dari sawit ini dirasakan betul manfaatnya, baik oleh petani, pengusaha, dan konsumen,” ucap dia.

Baca Juga: Nakal! 129 Pedagang Online Jual MinyaKita di Atas Rp14 Ribu per Liter

3. Sebanyak 7 ribu liter MINYAKITA Rp14 ribu guyur pasar-pasar di Lampung

Zulhas Temukan Ada Pabrik Beli TBS Sawit Petani di Bawah Rp1.600/Kg Sejumlah warga mengantre untuk membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7/2022). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Selain itu, dilakukan juga operasi pasar murah di sejumlah wilayah di Lampung. Sebanyak 7 ribu liter MINYAKITA seharga Rp14 ribu per liter diguyur ke pasar-pasar di provinsi tersebut.

Adapun wilayah yang menjadi lokasi digelarnya pasar murah Minyak Goreng Kemasan Rakyat adalah pasar-pasar di Bandar Lampung, Pesawaran, dan Lampung Selatan.

Baca Juga: HET Minyak Goreng Kemasan Resmi Dicabut, Minyak Curah Naik

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya