Comscore Tracker

Rudiantara Jadi Kandidat, Ini Deretan Kasus Timpa Dirut PLN Sebelumnya

Apakah Rudiantara akan memimpin PLN?

Jakarta, IDN Times - Mantan Menkominfo Rudiantara disebut-sebut akan menjadi Direktur Utama PLN. Perusahaan pelat merah yang mengelola listrik negara itu merupakan satu dari empat BUMN yang kosong posisi dirutnya.

Pihak Istana mengaku sudah meneken surat penunjukan Dirut PLN. Sedangkan Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulangga mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi tentang siapa yang ditunjuk jadi dirut. Namun, dia mengakui Rudiantara menjadi salah satu dari tiga nama yang diusulkan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Jika benar ditunjuk menjadi Dirut PLN, Rudiantara tampaknya perlu berhati-hati dalam membuat kebijakan. Merunut ke belakang, sejumlah nama dirut di sana tersandung kasus hukum dan hampir semua berakhir di balik jeruji.

Siapa saja nama-nama Dirut PLN selama ini dan bagaimana rekam jejak mereka di perusahaan pelat merah tersebut? IDN Times sudah merangkumnya dalam daftar berikut ini:

1. Eddie Widiono

Rudiantara Jadi Kandidat, Ini Deretan Kasus Timpa Dirut PLN SebelumnyaANTARAFOTO/Fanny Octavianus

Eddie Widiono pernah menjabat direktur utama PLN periode 2001-2007. Saat masih menjabat, Eddie divonis penjara selama lima tahun karena kasus korupsi proyek outsourcing customer information system rencana induk sistem informasi (CIS-RISI) di PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Tangerang tahun 2004-2007.

Baca Juga: Mengaku Kecewa Dengan Jokowi, Dahlan Iskan Alih Dukungan ke Prabowo

2. Fahmi Mochtar

Rudiantara Jadi Kandidat, Ini Deretan Kasus Timpa Dirut PLN Sebelumnya(Gedung PLN Palembang) IDN Times/Rangga Erfizal

Setelah Eddie Widiono terjerat kasus korupsi dan mundur dari dirut PLN, ia digantikan oleh Fahmi Mochtar. Fahmi menjabat sebagai dirut selama 2008-2009. Fahmi juga sempat diperiksa oleh KPK terkait kasus yang menjerat Eddie Widiono.

Sebelumnya, Fahmi menjabat sebagai General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang. Ia juga pernah meraih nilai tertinggi dalam seleksi calon direksi PLN yang dilakukan Tim Penilai Akhir (TPA).

3. Dahlan Iskan

Rudiantara Jadi Kandidat, Ini Deretan Kasus Timpa Dirut PLN SebelumnyaIDN Times/Fitria Madia

Mantan CEO Jawa Pos, Dahlan Iskan, pernah menjadi Dirut PLN periode 2009-2011. Saat menjabat, ia pernah menjadi tersangka kasus korupsi 21 gardu induk Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara pada 2011-2013 dengan kerugian negara diperkirakan sebesar Rp 33,2 miliar. Lepas dari jabatannya sebagai Dirut PLN, Dahlan Iskan menjabat Menteri BUMN.

4. Nur Pamudji

Rudiantara Jadi Kandidat, Ini Deretan Kasus Timpa Dirut PLN SebelumnyaANTARAFOTO/Yudhi Mahatma

Nur Pamudji menggantikan Dahlan Iskan menjabat sebagai dirut PLN pada periode 2011-2014. Sama seperti dirut PLN sebelumnya, Nur Pamudji pernah terjerat kasus korupsi.

Mantan dirut PLN ini, didakwa merugikan keuangan PLN hingga Rp 188,745 miliar dalam kasus dugaan korupsi pengadaan pemasok bahan bakar minyak (BBM) jenis high speed diesel (HSD) pada 2011-2014. Ia dijerat dalam kasus tersebut setahun setelah ia lengser dari jabatannya sebagai Dirut PLN.

Baca Juga: [BREAKING] Divonis Bebas, Sofyan Basir Dilepaskan dari Rutan Hari Ini

5. Sofyan Basir

Rudiantara Jadi Kandidat, Ini Deretan Kasus Timpa Dirut PLN Sebelumnya(Eks Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir) ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sofyan Basir merupakan Dirut PLN yang terakhir menjabat. Ini bukan kali pertama Sofyan Basir menjabat sebagai dirut. Dia pernah menjabat sebagai Dirut BRI pada 2005, tepat sebelum menjadi Dirut PLN.

Namun, Sofyan mengundurkan diri jabatannya sebagai Dirut PLN seiring dengan penetapannya sebagai tersangka dalam kasus dugaan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang (PLTU-MT) Riau-1. Namun, Sofyan Basir baru saja divonis bebas dan tak bersalah pada 4 November lalu. 

Baca Juga: Eks Dirut PLN Sofyan Basir Bebas dari Tuduhan Korupsi, Ini Kata Erick 

Topic:

  • Vamela
  • Anata Siregar

Just For You