Comscore Tracker

Blibli.com Big Start Indonesia: Wadah Kembangkan Creativepreneur

Memulai langkah yang besar lewat BBSI

Jakarta, IDN Times - Platform e-commerce Indonesia yaitu Blibli.com mengadakan kompetisi creativepreneur yang bertajuk "Blibli.com Big Start Indonesia" (BBSI) yang sudah terlaksana sejak 2016. BBSI sudah memasuki musim ke-4 di tahun ini dan pendaftarannya dilakukan selama Juni-Agustus 2019.

Terdapat 8.900 pengusaha yang ikut serta mendaftar kompetisi BBSI dari 4 kategori yang disediakan, yaitu fesyen, kuliner, kriya, serta kesehatan & kecantikan. Dari jumlah tersebut, tersisa hanya 20 pengusaha yang berhasil masuk menjadi kandidat 6 kategori pemenang dalam acara malam penganugerahan ajang kompetisi yang berlangsung di IdeaFest 2019 pada Sabtu (5/10).

Baca Juga: Siap-Siap! Blibli.com Gelar Diskon Belanja Spesial Sampai Akhir Tahun!

1. BBSI sebagai wadah creativepreneur berkembang

Blibli.com Big Start Indonesia: Wadah Kembangkan Creativepreneurdok.IDN Times/Vamela Aurina

Menurut pihak Blibli.com, kompetisi BBSI merupakan bentuk komitmen Blibli untuk mengembangkan wirausaha kreatif. Dari 8.900 pengusaha BBSI musim ke-4 melakukan akurasi pendaftar di bulan september menjadi Top 100 dan kemudian dipilih lagi hingga Top 20 yang sudah dapat disebut menjadi pemenang.

"Para pemenang BBSI season 4 mewakili pengusaha kreatif dengan produk paling inovatif yang didukung oleh strategi bisnis yang sangat tajam. Dengan demikian, mereka memiliki potensi besar untuk menjadi pemain yang kuat di pasar lokal serta merambah pasar internasional di mana kedua hal ini juga menjadi penilaian penting di BBSI 2019," ujar CEO Blibli.com, Kusumo Martanto.

Selama mengikuti BBSI, peserta Top 20 mendapatkan pelatihan kewirausahaan selama sepekan yang disebut Mentorship Week dengan mentor yang diberikan disetiap kategorinya yang sekaligus menjadi juri kompetisi BBSI, yaitu Masterchef Indonesia, Rinrin Marinka (Kuliner), Founder IKAT Indonesia, Didiet Maulana (Fashion), Co-Founder SASC, Priscilla Pangemanan (Kecantikan dan Kesehatan), dan Founder Jakarta Vintage, Luthfi Hasan (Kriya). 

2. Empat kategori kompetisi diharap bisa untuk pasar internasional

Blibli.com Big Start Indonesia: Wadah Kembangkan Creativepreneurdok.IDN Times/Vamela Aurina

Kusumo mengatakan kuliner, fesyen, kesehatan dan kecantikan, serta kriya sudah bagus penerapannya di Indonesia. Jika keempat kategori tersebut dikerjakan secara benar, dia percaya produk Indonesia tidak hanya mencapai pasar domestik saja tetapi dapat menempuh pasar internasional.

Empat kategori produk itu, menurutnya menjadi salah satu penyumbang besar untuk ekonomi Indonesia. Apalagi produk-produk Indonesia punya keunggulan, yani punya berbagai varian karena budaya Indonesia beragam dari masing-masing daerah.

"Kuliner, setiap daerah beragam makanannya. Fesyen, apalagi itu, the beauty of Indonesia. Setiap ke daerah, makanannya beda, pakaian juga beda, art and craft-nya juga beda," ujarnya.

Tak hanya itu, Indonesia juga mengembangkan produk beauty care sebagai bagian dari lifestyle. "Contohnya penggunaan materi-materi yang natural, tidak menggunakan chemical  yang eco-friendly. Ini bukan hanya bagus, support creativepreneur tapi juga bagus buat ekosistem," sambung Kusumo.

3. Pemenang kompetisi creativepreneur BBSI

Blibli.com Big Start Indonesia: Wadah Kembangkan Creativepreneurdok.IDN Times/Vamela Aurina

Pada malam penganugerahan ajang kompetisi BBSI, terdapat 6 kategori pemenang:

  • Pemenang pertama oleh Cahaya Naturals (kesehatan dan kecantikan): Amadeus Pribowo mendapatkan hadiah senilai Rp 500 juta.
  • Pemenang kedua oleh Mango Day (kuliner): Muhammad Nur Rijaldi mendapatkan hadiah senilai Rp 300 juta.
  • Pemenang ketiga oleh Arane (fashion): Elsana Bekti Nugroho mendapatkan hadiah senilai Rp 200 juta.
  • Pemenang keempat oleh Pala Nusantara (kriya): Ilham Pinastiko mendapatkan hadiah senilai Rp 100 juta.
  • Pemenang Favorit oleh Kemayu and Co (kesehatan dan kecantikan): Vica Mardika Wong mendapatkan hadiah senilai Rp 50 juta.
  • Pemenang Editor's Choice Award oleh La Dame In Vanilla (kuliner) mendapatkan hadiah senilai Rp 50 juta.

Baca Juga: Dukung Wirausaha Kreatif, Blibli.com Beri Hadiah Total Rp1,3 Miliar

Topic:

  • Vamela
  • Anata Siregar

Just For You