Comscore Tracker

Heboh Deposito Nasabah Rp20 Miliar Hilang, BNI: Bilyetnya Palsu

Kasus sudah dibawa ke ranah hukum

Jakarta, IDN Times - PT Bank Negara Indonesia (BNI) angkat suara terkait dugaan kasus hilangnya tabungan deposito nasabah senilai Rp20 miliar. Sekretaris Perusahaan BNI Mucharom menyampaikan bahwa bilyet deposito yang dimiliki oleh Hendrik, nasabah BNI Cabang Makassar, merupakan bilyet palsu.

“Kami menemukan adanya pemalsuan bilyet deposito BNI, yang dipastikan tidak ada dana masuk dalam sistem kami,” kata Mucharom saat dihubungi IDN Times, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga: Pembobol BNI Maria Lumowa Jalani Sidang Perdana Rabu 13 Januari 2021

1. BNI telah melaporkan kasus tersebut ke pihak berwenang

Heboh Deposito Nasabah Rp20 Miliar Hilang, BNI: Bilyetnya PalsuPegawai BNI Syariah Kantor Cabang Semarang memberikan penjelasan kepada nasabah millennial terkait tabungan Hasanah yang bisa digunakan untuk pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) atau BNI Griya iB Hasanah, di Semarang, Jawa Tengah. IDN Times/Dhana Kencana

Hendrik yang mengaku uangnya hilang secara misterius telah melaporkan kasus tersebut ke pihak berwenang. Begitu pula dengan BNI, yang telah menerima komplain nasabah dan siap mengusut tuntas kasus secara hukum.

“Kami telah melaporkan kasus tersebut ke penegak hukum. Manajemen BNI sangat menghormati dan menjunjung tinggi proses hukum yang sedang berjalan,” tambah Mucharom.

2. Pelayanan BNI tetap berjalan normal

Heboh Deposito Nasabah Rp20 Miliar Hilang, BNI: Bilyetnya PalsuIlustrasi. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Kejadian Hendrik sempat menjadi sorotan di media sosial. Dia mengaku, uang Rp20 miliar akan digunakan untuk pengobatan ayahnya yang saat ini sedang sakit.

Terlepas dari kasus tersebut, kepada nasabah lainnya, BNI memastikan bahwa aktivitas perbankan tetap berjalan normal. Perusahaan pelat merah itu juga menegaskan komitmennya untuk menjaga seluruh dana nasabah.

“Dana nasabah dijamin aman di BNI. Pelayanan tetap berjalan normal dan kami mengapresiasi nasabah yang tetap setia bertransaksi dengan BNI,” kata Mucharom.

Baca Juga: Kronologi Nasabah Mandiri yang Kehilangan Rp128 Juta Secara Misterius

3. Nasabah diminta untuk mengaktifkan BNI Mobile Banking

Heboh Deposito Nasabah Rp20 Miliar Hilang, BNI: Bilyetnya PalsuPegawai BNI Syariah Kantor Cabang Semarang (kanan) memberikan penjelasan kepada nasabah terkait informasi kredit pemilikan rumah (KPR) atau BNI Griya iB Hasanah, di Semarang, Jawa Tengah. IDN Times/Dhana Kencana

Terakhir, agar kejadian serupa tidak terulang, Mucharom menyarankan supaya nasabah mengaktifkan BNI Mobile Banking.

“Sehingga (nasabah) dapat memeriksa kondisi rekeningnya setiap saat, baik terkait dana masuk maupun dana keluar, serta transaksi transaksi keuangan lainnya,” tutup dia.

Baca Juga: Ngeri! Ini Deretan Kasus Saldo Nasabah Raib di Bank

Topic:

  • Vanny El Rahman
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya