Comscore Tracker

Indonesia Berhasil Jual 600 Ton Biji Kopi lewat Pameran Kopi Turki

Kopi Indonesia diharapkan mengisi pasar Turki

Jakarta, IDN Times – Pengusaha kopi Indonesia berhasil meraih komitmen pembelian 30 kontainer kopi, setara dengan 600 ton biji kopi Nusa Tenggara Barat (NTB), dalam pameran Coffex Istanbul di Turki yang dihelat sepanjang 15-18 September 2021.  

Konsul Jenderal RI di Istanbul, Imam As’ari, mengatakan bahwa tahun ini merupakan kali pertama Indonesia mengikuti Coffex Istanbul 2021 dan langsung menjadi Focus Country. KJRI Istanbul memfasilitasi empat pengusaha kopi Indnesia, yaitu Java Preanger Lestari Mandiri, Komunitas Eksportir Muda Indonesia (KEMI) Turki, Entur Coffee, dan Ephraim Coffee Indonesia.

“Pasar kopi Turki menjanjikan dan terus menunjukkan peningkatan. Ragam varian kopi dari Jawa, Sumatera dan beberapa jenis kopi Indonesia lainnya sudah masuk di pasar Turki, namun belum dikenal sebagai kopi Indonesia. Potensi pasar inilah yang sedang ditembus oleh KJRI Istanbul,” kata Imam pada Sabtu (18/9/2021), dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Kopi Arabika dari Sigi Sulteng, Potensi Lokal Kualitas Ekspor

1. Lebih dari 20 kopi khas Indonesia yang dipamerkan

Indonesia Berhasil Jual 600 Ton Biji Kopi lewat Pameran Kopi TurkiIlustrasi pohon kopi (IDN Times/Indiana Malia)

Para partisipan di Pavilion Indonesia menampilkan lebih dari 20 kopi khas Indonesia, yang memiliki beragam cita rasa, tidak ketinggalan dengan produk teh dan gula merah.

Produk yang menjadi primadona Indonesia antara lain Luwak Coffee, Java Preanger, Honey Coffee, Temanggung Robusta, Bogor Paseban Robusta, Java Ijen, Bali Belantih Kintamani, Sumatera Arabika Gayo, Lombok Arabica dan Robusta, dan Java Mekar Wangi dan Java Orange.

Produsen kopi yang hadir juga mengedukasi pasar Turki mengenai ciri khas kopi Indonesia, yang tentuny dapat bersaing dengan negara penghasil kopi lainnya.

Menurut Imam, strategi untuk merebut pasar kopi di Turki adalah memperkenalkan kopi Indonesia, sebab kopi merupakan komoditas yang dikonsumsi oleh warga Turki setiap hari. Adapun produk yang masuk pasar Turki adalah kopi unggulan yang sudah tersertifikasi.

2. Pengusaha Turki berminat buka kedai khusus kopi Indonesia

Indonesia Berhasil Jual 600 Ton Biji Kopi lewat Pameran Kopi TurkiIlustrasi Coffee Shop (IDN Times/Anata)

Selain meraih komitmen pembelian 30 kontainer kopi, Imam mengungkapkan salah seorang pengusaha kopi Turki juga berminat untuk membuka kedai khusus kopi Indonesia. Imam dan para delegasi lainnya tentu menyambut baik minat tersebut.

Imam pun berharap, pelaku industri kopi Indonesia di Coffex Istanbul dapat merealisasikan potensi dan komitmen pembelian tersebut, sehingga kopi Indonesia dapat semakin mewarnai pasar Turki dan kawasan sekitarnya.

Baca Juga: 600 Ton Kopi Robusta Lampung Bakal Diekspor ke Mesir 

3. Pavilion Indonesia juga memberi edukasi dan seminar tentang kopi Indonesia

Indonesia Berhasil Jual 600 Ton Biji Kopi lewat Pameran Kopi TurkiBarista dari Indonesia menyerahkan segelas kopi kepada pengunjung di pameran kopi Coffex Istanbul 2021. Melalui tajuk Heaven of Specialty Coffee sukses menarik minat pengunjung dan menedapatkan komitmen pembelian 30 kontainer atau 600 ton biji kopi melalui pameran tersebut di Istanbul, Turki. (KJRI Istanbul)

Selanjutnya, sebagai bagian dari pengenalan dan edukasi tentang keunggulan biji kopi Indonesia, Pavilion Indonesia juga menggelar seminar mengenai kopi yang diisi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI Antarjo Dikin. Acara tersebut dilengkapi dengan penampilan pencak silat dan tari Bali oleh sanggar-sanggar binaan KJRI Istanbul. 

Pameran kopi yang berlangsung selama empat hari ini akan ditutup pada Sabtu (18/9/2021) dan diharapkan makin banyak peluang bisnis yang dapat digarap dan komitmen pembelian yang dihasilkan.

Baca Juga: Di Mesir, Diplomasi Indonesia Hadir lewat Secangkir Kopi

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya