Comscore Tracker

Ingin Wirausaha di Usia Muda? Yuk Gabung Duta Kampus

Kesempatan bagus untuk dirikan startup nih

Jakarta, IDN Times - Jumlah wirausaha di suatu negara kerap menjadi salah satu indikator kemajuan nasional. Negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang memiliki angka pengusaha di atas 14 persen. Sementara, jumlah pengusaha di Indonesia masih berada di angka 3,1 persen, lebih rendah dari Malaysia (5 persen) dan Thailand (4,5 persen).

1. Minat pemuda berwirausaha selaras dengan perkembangan teknologi

Ingin Wirausaha di Usia Muda? Yuk Gabung Duta KampusInstagram/@block71jakarta

Melalui tesisnya di Universitas Hellbron Jerman, Victor Medina-Conessa mendapati bahwa perkembangan minat untuk berwirausaha selaras dengan melesatnya teknologi digital.

“69 persen responden dari kalangan mahasiswa Indonesia ingin memulai bisnis independen setelah menyelesaikan studi.Hampir 62 persen dari responden tersebut tertarik untuk menjadi pengusaha di bidang teknologi,” tulis Victor dalam karyanya berjudul Development of Young Technology Companies Across Asia-Pacific.

2. Jumlah lulusan perguruan tinggi yang berwirausaha di Indonesia masih sedikit

Ingin Wirausaha di Usia Muda? Yuk Gabung Duta KampusInstagram/@block71jakarta

Namun, setelah dia meninjau dari berbagai penelitian, hanya 2-5 persen mahasiswa yang berani terjun di dunia wirausaha setelah lulus kuliah.

Dalam rangka menumbuhkan jiwa berusaha di kalangan mahasiswa, Innovation Factory membuka pendaftaran pemilihan Duta Kampus untuk area Jabodetabek. Tujuannya untuk mendorong mahasiswa agar bisa menjadi innovator dan pengusaha di lingkungan kampus. Terelbih, mereka diharapkan bisa membangun usaha rintisan (startup).

“Mahasiswa yang terpilih sebagai Duta Kampus akan mendapatkan pelatihan soft skill dan kepemimpinan untuk menjadi wirausaha yang sukses. Mereka juga bisa mengikuti bootcamp intensif dan mendapatkan inspirasi dari para tech entrepreneur yang sudah berhasil,” ujar Tinnike Lie selaku Regional Manager Innovation Factory.  

Baca Juga: 8 Startup Unicorn yang Bisa Jadi Pilihan Karier Para Fresh Graduate

3. Minat jadi Duta Kampus? Masih dibuka pendaftaran hingga 28 Februari lho

Ingin Wirausaha di Usia Muda? Yuk Gabung Duta KampusInstagram/@block71jakarta

Bagi kalian yang berminat menjadi Duta Kampus Innovation Factory, pendaftaran masih dibuka hingga 28 Februari 2018. Mahasiswa yang berminat bisa mendaftarkan diri melalui laman bit.ly/if-ambassador.

Adapun syaratnya adalah mahasiswa semester 5 atau 6 dengan IPK minimal 3,3. Mereka yang aktif berorganisasi dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik akan mendapat kesempatan lolos lebih besar. “Juga mereka yang memiliki pengalaman mengelola cara serta berjiwa kreatif dan tertarik mendalami wirausaha,” sambung Tinnike.

4. Indonesia membutuhkan pengusaha muda lebih banyak

Ingin Wirausaha di Usia Muda? Yuk Gabung Duta KampusInstagram/@block71jakarta

Untuk diketahui, Innovation Factory merupakan gagasan dari Salim Group untuk mengembangkan ekosistem perusahaan rintisan di bidang teknologi. Innovation Factory juga mengelola BLOCK71, inisiatif dari National University of Singapore.

Sejak diluncurkan di Jakarta pada 2017, Innovation Factory telah merambah komunitas di Bandung dan Yogyakarta. Kini, memiliki komunitas dengan 20 ribu anggota dengan 20 persennya adalah mahasiswa.

“Untuk mendukung visi pemerintah dan mengakselerasi jumlah wirausahawan di Indonesia, kami percaya bahwa pelatihan entrepreneurship harus diberikan sedini mungkin. Program Duta Kampus se-Jabodetabek ini akan menjadi kesempatan emas bagi para mahasiswa yang ingin memahami dunia wirausaha dan startup teknologi secara lebih mendalam,” tutupnya.  

Baca Juga: Prabowo Cemas Uang Indonesia Dibawa Lari oleh Startup, Beralasankah?

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You