Comscore Tracker

6 Tips Meningkatkan Penjualan Usaha Ikan Hias bagi Pelaku UMKM

Penjualan bisa meningkat dan kamu bisa untung banyak, lho!

Bisnis yang memiliki banyak peminatnya hingga saat ini yaitu bisnis ikan hias. Meskipun berisiko tinggi dan harus memiliki kemampuan tertentu, tetapi banyak pelaku UMKM yang tertarik dengan bisnis ikan hias karena peminatnya semakin banyak, terutama di masa pandemi saat ini.

Mengapa tetap banyak peminatnya meskipun sedang pandemi COVID-19? Hal ini dikarenakan masyarakat yang harus berdiam diri di rumah memiliki banyak waktu, sehingga mereka menekuni hobi atau menjalani hobi baru mereka di rumah. Salah satunya mengoleksi ikan hias.

Bisnis ikan hias menjadi peluang besar bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan pemasukan lebih. Tetapi, mungkin banyak yang belum mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan sebagai pelaku UMKM yang menjalani bisnis ikan hias.

Berikut ini tips meningkatkan penjualan ikan hias bagi pelaku UMKM.

1. Tentukan jenis ikan hias yang ingin dijual

6 Tips Meningkatkan Penjualan Usaha Ikan Hias bagi Pelaku UMKMilustrasi ikan hias (pexels.com/LoneJensen)

Terdapat banyak jenis ikan hias yang laku di pasaran. Namun, kamu perlu memilih jenis ikan hias yang tepat dan tidak boleh asal. Kamu bisa memilih ikan hias dengan kisaran harga dari menengah ke bawah.

Ikan hias yang laku di pasaran seperti ikan cupang, ikan mas koki, ikan arwana, ikan guppy, dan ikan hias lainnya.

2. Tentukan target pasar

6 Tips Meningkatkan Penjualan Usaha Ikan Hias bagi Pelaku UMKMilustrasi melihat ikan di dalam akuarium (pexels.com/KhoaVõ)

Dalam melakukan pemasaran, terutama pemasaran digital, kamu perlu memperkirakan target konsumen dari bisnis ikan hias. Penentuan target pasar akan berpengaruh dengan ketertarikan konsumen pada bisnis kamu.

Kamu bisa melakukan riset mengenai target pasar yang cocok dengan ikan hias berdasarkan jenis kelamin, usia, hobi, lokasi, dan lainnya.

3. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

6 Tips Meningkatkan Penjualan Usaha Ikan Hias bagi Pelaku UMKMilustrasi ikan dalam kolam (pexels.com/RyutaroTsukata)

Selama kamu menjalan bisnis ikan hias, kamu harus merawat ikan hias dengan baik dan benar, sehingga ikan hias dapat hidup dengan sehat. Dengan begitu, kamu memerlukan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk merawat ikan hias.

Kamu bisa siapkan beberapa peralatan seperti akuarium atau kolam ikan, oksigen, selang, pompa air, jaring, dan perlengkapan lainnya.

Baca Juga: 6 Tips bagi Pelaku UMKM agar Tetap Bertahan di Masa Pandemi

4. Memahami berbagai hal tentang ikan hias

6 Tips Meningkatkan Penjualan Usaha Ikan Hias bagi Pelaku UMKMilustrasi melihat ikan di akuarium (pexels.com/MartProduction)

Selain mempersiapkan peralatan, kamu juga perlu memahami bagaimana cara merawat ikan hias. Sebab, kamu perlu menggunakan peralatan dengan tepat dan menguras air secara rutin sehingga ikan tidak akan mudah mati.

Kamu juga perlu ketahui jenis ikan hias dan makanan yang tepat untuk setiap ikan hias. Dalam menjalani bisnis ikan hias, kamu perlu menggali informasi lebih banyak mengenai ikan hias agar bisnis berjalan dengan lancar. 

5. Lakukan potensi bisnis lainnya

6 Tips Meningkatkan Penjualan Usaha Ikan Hias bagi Pelaku UMKMilustrasi ikan koi dalam kolam (pexels.com/Fox)

Maksud dari potensi bisnis di sini masih berkaitan dengan ikan hias.

Selain menjual ikan hias, kamu juga bisa menjual perlengkapan yang mendukung lainnya seperti selang, akuarium, mesin, backgroud akuarium, batu, obat khusus ikan, pakan, dan lainnya. Sebab, terkadang banyak calon konsumen yang membeli ikan hias sekaligus peralatan yang dibutuhkan.

Jadi, kamu bisa menggunakan peluang ini agar penjualan usahamu meningkat.

6. Atur strategi pemasaran digital

6 Tips Meningkatkan Penjualan Usaha Ikan Hias bagi Pelaku UMKMLaptop dan uang di atas meja. (pexels.com/KarolinaGrabowska)

Meskipun sedang dalam situasi pandemi Covid-19, tetapi terdapat banyak inovasi baru yang bisa dilakukan oleh pelaku UMKM, seperti strategi pemasaran digital.

Kemenkominfo pun memberikan dorongan bagi setiap pelaku UMKM untuk melakukan strategi pemasaran digital agar bisa melanjutkan keberlangsungan bisnis kamu. 

Kamu bisa promosikan bisnis ikan hias melalui media sosial atau e-commerce yang tersedia di internet. Kamu juga bisa atur jasa pengiriman satu hari agar ikan hias bisa sampai dengan cepat. Berikan informasi terkait lokasimu agar memudahkan transaksi.

Itulah beberapa tips yang perlu diketahui bagi pelaku UMKM. Meskipun masih dalam masa pandemi, penjualan tetap bisa meningkat dengan menerapkan tips yang telah disebutkan.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Digital Branding bagi Pelaku UMKM, Usaha Jadi Maju

Vivi P Photo Writer Vivi P

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya