Comscore Tracker

Penuh Inovasi, Ini Dia 8 Perusahaan yang Didirikan oleh Elon Musk

Semua perusahaannya berbasis teknologi canggih!

Elon Musk adalah sosok yang memiliki banyak inovasi luar biasa di bidang teknologi. Ia adalah salah satu sosok paling berpengaruh abad 21. Inovasi Musk tidak hanya tentang kehidupan di bumi, namun inovasinya sudah sampai tentang kehidupan umat manusia di Mars. Simak beberapa perusahaan yang didirikan oleh seorang yang sangat pro-lingkungan ini!

1. Paypal

Penuh Inovasi, Ini Dia 8 Perusahaan yang Didirikan oleh Elon MuskInstagram.com/paypal

Awalnya, Elon Musk mendirikan X.com pada Maret 1999. Kemudian, tahun 2000 ia mengakuisisi Confinity yang didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin pada Desember 1998. Pada Oktober 2000, Elon Musk akan menghentikan operasi perbankan internet X.com dan berfokus pada layanan uang PayPal. Hingga pada Februari 2002 PayPal diakuisisi eBay.

2. SpaceX

Penuh Inovasi, Ini Dia 8 Perusahaan yang Didirikan oleh Elon MuskInstagram.com/spacex

Space Exploration Technologies atau disingkat SpaceX didirikan Elon Musk pada Juni 2002. Musk menjabat sebagai CEO dan CTO. SpaceX mengembangkan dan memproduksi wahana luncur antariksa dan roket. Wahana luncur pertamanya adalah Falcon 1 dan Falcon 9, sedangkan wahana antariksa pertamanya adalah Dragon. Pada 23 Desember 2008, SpaceX memenangkan kontrak NASA untuk penerbangan roket ke ISS.

Proyek peluncuran roket berawak pertama SpaceX direncanakan pada Rabu 27 Mei 2020, pukul 16.33 waktu Florida menggunakan Roket Falcon 9. Kapsul Crew Dragon akan diawaki Robert Behnken (49) dan Douglas Hurley (53). Apabila cuaca tidak memungkinkan, peluncuran akan diundur pada Sabtu 30 Mei 2020. Peluncuran terlambat lima tahun dari waktu yang direncanakan.

3. Tesla, Inc.

Penuh Inovasi, Ini Dia 8 Perusahaan yang Didirikan oleh Elon MuskInstagram.com/teslamotors

Tesla, Inc. pada awalnya bernama Tesla Motors didirikan pada Juli 2003 oleh Elon Musk, Martin Eberhard, Marc Tarpenning, JB Straubel dan Ian Wright. Musk menjabat sebagai CEO. Tesla, Inc. adalah perusahaan spesialisasi mobil listrik, komponen mesin dan memproduksi perangkat pengisi ulang baterai. Perusahaan ini telah memproduksi mobil listrik, antara lain Tesla Roadster, Tesla Model S, Tesla Model X dan BlueStar.

4. SolarCity

Penuh Inovasi, Ini Dia 8 Perusahaan yang Didirikan oleh Elon MuskPexels/Pixabay

SolarCity didirikan pada 4 Juli 2006 oleh bersaudara Peter dan Lyndon Rive berdasarkan konsep dari Elon Musk. Elon Musk menjabat sebagai ketua dewan dan pemilik saham terbesar SolarCity. Musk mengumumkan bahwa SolarCity dan Tesla, Inc. akan bekerjasama pada tahun 2012. Pada 17 Juni 2014, Musk membangun fasilitas produksi canggih SolarCity di Buffalo, New York. Hingga pada 2016, SolarCity diakuisisi Tesla, Inc..

Baca Juga: Elon Musk Berencana Kirim 1 Juta Orang ke Mars pada 2050

5. Hyperloop

Penuh Inovasi, Ini Dia 8 Perusahaan yang Didirikan oleh Elon MuskInstagram.com/hyperloopone

Musk meluncurkan konsep transportasi baru Hyperloop pada 12 Agustus 2013. Rencananya, mesin perjalanan udara subsonik hyperloop membentang 350 (560 km) mil dari Los Angeles hingga San Fransisco. Hyperloop hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk berpergian antarkota atau lebih cepat dibanding pesawat komersial.

6. OpenAI

Penuh Inovasi, Ini Dia 8 Perusahaan yang Didirikan oleh Elon Muskopenai.com

Elon Musk dan Sam Altman mendirikan OpenAI pada 11 Desember 2015. OpenAI merupakan perusahaan riset kecerdasan buatan (AI) nirlaba, dengan tujuan mengembangkan AI dengan cara aman dan dapat bermanfaat bagi umat manusia. Microsoft menjadi salah satu investor di OpenAI. Salah satu proyeknya adalah Microsoft Azure.

7. The Boring Company

Penuh Inovasi, Ini Dia 8 Perusahaan yang Didirikan oleh Elon MuskInstagram.com/boringcompany

Elon Musk mendirikan The Boring Company pada 17 Desember 2016 sebagai anak perusahaan SpaceX. Perusahaan ini merupakan perusahaan jasa infrastruktur dan pembangunan terowongan Amerika. Musk mendirikan perusahaan ini karena pernah terjebak kemacetan di Los Angeles. Kemudian pada Desember 2018, The Boring Company berdiri secara independen.

8. Neuralink

Penuh Inovasi, Ini Dia 8 Perusahaan yang Didirikan oleh Elon MuskYoutube.com/Neuralink

Pada 2016, Elon Musk mendirikan Neuralink, perusahaan startup untuk mengintegrasikan otak manusia dan kecerdasan buatan. Neuralink bertujuan menciptakan chip yang dapat ditanamkan di otak manusia untuk membantu manusia mengimbangi kemajuan AI. Proyek ambisius ini diklaim Musk mampu mengatasi masalah-masalah yang mempengaruhi otak. Musk berharap, AI dan manusia dapat memiliki simbiosis menguntungkan.

Itulah beberapa usaha bisnis Elon Musk. Ia adalah seseorang yang tidak hanya memiliki pemikiran luar biasa, namun ia juga seorang yang berusaha keras agar pemikirannya menjadi nyata.

Baca Juga: Angkasa dalam Lensa: Peluncuran Roket SpaceX yang Mengukir Sejarah

Veren Natasha Photo Writer Veren Natasha

Writing by love

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya