Comscore Tracker

Rekening: Pengertian, Jenis, dan Cara Cek Nomor Rekening

Pahami jenis-jenis rekening

Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, kita tentu melakukan transaksi keuangan, baik secara tunai atau cash, digital, maupun menggunakan kartu. Terlebih di dunia digital saat ini, penggunaan rekening bank sebagai alat transaksi bisa dilakukan secara online dan hanya lewat smartphone.

Sederhananya, rekening adalah alat yang digunakan untuk mencatat segala transaksi keuangan yang dilakukan oleh si pemilik rekening. Catatan laporan keuangan biasanya berkaitan dengan aktiva, modal, pendapatan, biaya, dan kewajiban.

Supaya lebih memahami tentang rekening, IDN Times juga merangkum pengertian, jenis-jenis, hingga cara mengecek nomor rekening kamu. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pengertian rekening

Rekening: Pengertian, Jenis, dan Cara Cek Nomor Rekeningilustrasi rekening bank (unsplash.com/StephenPhillips)

Sederhananya, rekening merupakan serangkaian nomor yang menjadi alat untuk melakukan transaksi, mulai dari memasukkan uang, tarik tunai, menyetorkan uang, membayar kewajiban, mengecek saldo, dan sebagainya. Rekening juga bisa diartikan sebagai pembukuan oleh bank yang mencatat seluruh transaksi nasabahnya.

Seiring berkembangnya teknologi internet banking atau mobile banking, seorang nasabah bank bisa bertransaksi hanya dengan gawainya tanpa membawa kartu ATM maupun buku rekening bank.

2. Perbedaan rekening aktif dan rekening mati

Rekening: Pengertian, Jenis, dan Cara Cek Nomor Rekeningilustrasi rekening (IDN Times/Aditya Pratama)

Terdapat beberapa jenis rekening yang biasanya dikenal dalam dunia perbankan. Di antaranya adalah rekening aktif dan rekening mati. Pengertian rekening aktif adalah rekening yang masih sering digunakan dalam melakukan transaksi, baik setor maupun tarik uang. Artinya, rekening aktif berarti masih digunakan untuk bertransaksi oleh si nasabah.

Sementara rekening mati adalah rekening yang sudah tidak digunakan lagi oleh seorang nasabah untuk bertransaksi karena berbagai alasan. Oleh karena tidak ada transaksi lagi, pihak bank biasanya akan mematikan rekening tersebut supaya menghindari hal-hal buruk terjadi. Namun, penonaktifan juga bisa dilakukan atas kehendak nasabah.

3. Apa itu rekening giro?

Rekening: Pengertian, Jenis, dan Cara Cek Nomor Rekeninghttps://www.pexels.com

Jenis rekening lainnya adalah rekening giro. Rekening giro adalah salah satu produk yang dikeluarkan oleh pihak bank dalam bentuk simpanan nasabah atau perusahaan dalam nominal rupiah atua mata uang asing. Biasanya penarikan rekening giro menggunakan bilyet giro dan warkat cek.

Rekening ini bisa dibuka oleh siapa saja, termasuk warga negara asing, badan usaha, dan lembaga lain yang sah menurut hukum. Rekening giro memiliki dua karakteristik, yaitu:

1. Cek

Sederhananya, cek adalah salah satu alat transaksi pembayaran yang berbentuk surat berharga. Cek biasanya diterbitkan oleh bank sebagai pengganti uang tunai, sehingga nanti bisa dicairkan dalam bentuk uang tunai.

2. Bilyet giro

Sementara bilyet giro merupakan salah satu alat transaksi atau surat berharga yang berguna sebagai pengganti uang tunai. Bilyet giro nantinya bisa dicairkan bukan dengan uang tunai, melainkan dengan memindahkan uang tersebut ke rekening tujuan dengan memperhatikan tanggal pencairan sesuai yang sudah ditentukan pada bilyet giro.

Baca Juga: Perbedaan Rekening Tabungan dan Rekening Giro

4. Apa yang dimaksud rekening koran?

Rekening: Pengertian, Jenis, dan Cara Cek Nomor RekeningFoto Buku Rekening Saya

Jenis rekening lainnya adalah rekening koran. Rekening ini adalah rincian dari seluruh proses transaksi keuangan yang terjadi pada sebuah rekening, baik rekening milik pribadi maupun perusahaan. Pada rekening ini, nasabah bisa melihat semua alur debit, kredit, hingga riwayat transfer nasabah.

Semua transaksi yang terjadi pada rekening tersebut akan diterima secara langsung oleh nasabah. Biasanya, setiap bulan pihak bank akan mengirimkan laporan rekening kepada nasabah atau pemilik rekening bisa meminta sendiri kepada pihak bank untuk mengirimkannya.

Namun karena perkembangan teknologi digital membuat sebagian pihak bank tidak lagi menyediakan buku rekening dalam bentuk cetak. Biasanya pihak bank akan secara rutin mengirimkan seluruh laporan transaksi keuangan pada rekening nasabah melalui e-mail

Selain itu, nasabah juga bisa mengecek sendiri seluruh proses transaksi rekeningnya melalui mobile banking yang dapat dilakukan kapan saja.

5. Apa itu rekening bersama?

Rekening: Pengertian, Jenis, dan Cara Cek Nomor Rekeningilustrasi transaksi online (pixabay.com/users/bru-no-1161770/)

Selain jenis-jenis rekening yang disebutkan, ada pula jenis rekening yang menggunakan pihak ketiga dalam melakukan transaksi, yaitu disebut sebagai rekening bersama. Rekening bersama adalah metode pembayaran yang dilakukan secara online dan biasanya diyakini lebih aman dibanding langsung melakukan transfer ke rekening penjual atau tujuan.

Rekening bersama juga disebut sebagai Escrow service, yaitu transaksi yang dioperasionalkan oleh pihak ketiga sebagai perantara antara penjual dan pembeli online. Tugas penyedia rekening bersama adalah menyampaikan nota pengiriman kepada pembeli, lalu memastikan dengan cermat apakah barang yang diterima pembeli sudah sesuai dengan pesanannya.

Selanjutnya, jika pembeli sudah merasa pesanannya sesuai dengan apa yang ia pesan, maka tugas penyedia rekening bersama selanjutnya adalah mengirimkan uang yang disimpan sementara tadi kepada rekening penjual.

6. Cara cek nomor rekening

Rekening: Pengertian, Jenis, dan Cara Cek Nomor Rekeningunsplash.com/Mika Baumeister

Nomor rekening tabungan biasanya terdiri dari kombinasi angka acak yang sudah ditentukan pihak bank. Hal itu terkadang menyulitkan pemilik rekening untuk menghafal seluruh angkanya dalam menyebutkannya.

Untuk tahu nomor rekening, kamu bisa mengeceknya lewat sampul pada buku tabungan. Jika sejak awal pembuatan rekening sudah tidak diberikan buku, kamu bisa melihatnya melalui aplikasi mobile banking sesuai bank kamu. Kemudian cari menu "Informasi Rekening"

Itulah penjelasan umum tentang pengertian rekening, jenis-jenis rekening, dan cara mengecek nomor rekening yang bisa menambah wawasan kamu.

Baca Juga: 5 Tips Sebelum Membuka Rekening Baru, Kenali Dulu Tujuannya

Topic:

  • Yogama Wisnu
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya