Comscore Tracker

5 Fungsi Manajemen Pemasaran, Penjelasan Lengkap

Sudah paham fungsinya belum?

Dalam dunia bisnis, istilah manajemen bukanlah hal yang asing lagi. Perusahaan membutuhkan manajemen untuk mengelola setiap aspek perusahaan agar tercipta keselarasan dalam visi, misi, dan tujuan.

Manajemen dibagi menjadi beberapa bagian, salah satunya yakni manajemen pemasaran atau yang sering disebut marketing management. Apa fungsi manajemen pemasaran? Simak lebih lanjut untuk memahami fungsi manajemen pemasaran seperti yang telah dirangkum IDN Times di bawah ini.

1. Analisis pasar

5 Fungsi Manajemen Pemasaran, Penjelasan LengkapIlustrasi meeting (freepik.com/klingsup)

Fungsi manajemen pemasaran yang pertama adalah sebagai analisis pasar. Untuk mencapai hasil dan keuntungan yang maksimal, dibutuhkan target pasar yang jelas. Oleh karena itu, manajemen pemasaran menjadi langkah penting untuk mengelola target konsumen.

Selain itu, analisis pasar juga berguna untuk mengetahui peluang peningkatan konsumen serta ancaman yang mungkin terjadi. Dalam hal ini, analisis pasar juga berlaku untuk menganalisa perilaku konsumen, sehingga perusahaan mampu memberikan yang maksimal sesuai keinginan konsumen.

2. Segmentasi pasar

5 Fungsi Manajemen Pemasaran, Penjelasan LengkapPexels/Startup Stock Photos

Menentukan target pasar menjadi langkah penting dalam membangun sebuah bisnis. Pasalnya, sebuah bisnis tidak akan berjalan lancar apabila hal-hal kecil penting tidak diperhatikan. Supaya dapat menemukan konsumen yang tepat demi mendapat laba, perlu untuk menentukan segmentasi pasarnya terlebih dahulu.

Lebih lanjut, segmentasi pasar juga berguna untuk mengelola sumber daya menjadi lebih efektif dan efisien serta proses kegiatan pemasaran menjadi lebih terarah. Segmentasi pasar harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut:

  • Dapat diukur (measurable)
  • Dapat dicapai (accessible)
  • Dapat dilaksanakan (actionable)

3. Menetapkan target pasar

5 Fungsi Manajemen Pemasaran, Penjelasan Lengkapilustrasi meeting (Pixabay)

Setelah melalui proses analisis dan segmentasi pasar, ini saatnya menetapkan target pasar yang sesuai dengan jenis produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Proses menetapkan target pasar harus mempertimbangkan beberapa aspek, seperti usia, pendapatan, jenis kelamin yang juga dilihat dari segi peluang keuntungan yang mungkin akan didapat.

4. Penempatan pasar

5 Fungsi Manajemen Pemasaran, Penjelasan Lengkapilustrasi pria menulis catatan kecil (unsplash.com/joszczepanska)

Fungsi manajemen pemasaran yang keempat adalah untuk menentukan penempatan pasar. Saat menetapkan target pasar, perusahaan juga harus memperhatikan posisi pesaing yang mungkin akan muncul atau bahkan yang sudah ada. Hal ini dilakukan untuk menghindari persaingan tidak sehat seperti kanibalisasi.

5. Perencanaan pemasaran

5 Fungsi Manajemen Pemasaran, Penjelasan Lengkappexels.com/Startup Stock Photos

Fungsi manajemen pemasaran yang kelima adalah untuk melakukan perencanaan pemasaran. Fungsi yang kelima ini berguna untuk menentukan bagaimana proses pemasaran akan dilakukan. Selain itu, proses ini juga harus melalui tahapan seperti berikut:

  • Menetapkan misi perusahaan
  • Memahami unit bisnis strategis perusahaan, menganalisa, dan mengevaluasi portofolio bisnis yang sudah ada
  • Menganalisa area bisnis baru yang akan dijajaki

Topic:

  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya