Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Punya Kontrol Finansial yang Baik, Harus Dipertahankan!

Kontrol pengeluaran kamu dengan bijak, ya!

Pengelolaan keuangan merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap individu. Mengontrol pemasukan dan pengeluaran memang suatu hal yang gampang-gampang sulit. 

Seseorang yang bijak menggunakan uang dibuktikan dengan terpenuhinya kebutuhan sesuai dengan yang direncanakan. Lima tanda di bawah ini menggambarkan kondisi keuangan yang sehat dan pengelolaan keuangan yang bijak. Jika kamu sudah menerapkannya. pertahankan, ya!

1. Penghasilan sudah stabil

5 Tanda Kamu Punya Kontrol Finansial yang Baik, Harus Dipertahankan!Unsplash.com/Bady Abbas

Kamu punya penghasilan yang stabil, baik gaji, insentif atau apa pun jenis pemasukannya. Selama itu bisa kamu dapatkan secara stabil artinya kamu bisa mengelola keuanganmu secara bijak. Kamu sudah bisa merencanakan untuk apa saja penghasilan itu digunakan.

Selanjutnya, kamu harus merincikan dengan pasti setiap kebutuhanmu, agar pengeluaranmu dapat diketahui secara jelas dan akan mudah mengetahui jika terjadi kebocoran keuangan. 

2. Punya pengeluaraan yang terkontrol

5 Tanda Kamu Punya Kontrol Finansial yang Baik, Harus Dipertahankan!Unsplash.com/Jacek Dylag

Setelah kamu punya penghasilan yang stabil, kamu perlu merincikan pengeluaran yang akan kamu belanjakan. Jika kamu sudah melakukan hal ini, artinya kamu sudah mulai bijak mengelola keuanganmu. Sebab, kamu mempertimbangkannya dengan baik, agar kebutuhanmu terpenuhi dan masih dalam batas anggaran yang kamu buat. 

3. Besar tiang daripada pasak

5 Tanda Kamu Punya Kontrol Finansial yang Baik, Harus Dipertahankan!Unsplash.com/John Cameron

Saat kamu punya penghasilan yang stabil, biasanya kamu akan mudah tergoda untuk bisa membeli segala barang untuk bisa memenuhi kebutuhan dan keinginanmu. Namun, jika kamu orang yang bijak, kamu tentu tidak akan melakukannya dengan mudah. 

Kamu pasti akan lebih sayang dan merasa cuma-cuma jika harus menghabiskan uang yang kamu punya hanya untuk memenuhi keinginanmu semata. Sehingga, sudah pasti kamu akan menyisakan uangmu itu untuk keputusan yang lebih bijak. 

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Keuangan selama Bulan Puasa

4. Punya tabungan rutin

5 Tanda Kamu Punya Kontrol Finansial yang Baik, Harus Dipertahankan!pexels.com/Rodnae Productions

Menabung secara rutin menggambarkan bahwa kamu orang yang bijak mengontrol sisi keuanganmu. Sebab, kamu peduli dengan masa depanmu. Peduli dengan keadaan yang mungkin tidak dapat dikendalikan serta hal-hal yang tiba-tiba mendesak. 

Kamu sudah punya cadangan keuangan yang kamu tabung secara rutin tersebut untuk mengatasi hal-hal yang tidak terduga. Atau kamu merencanakannya untuk sebuah tujuan yang besar yang memang sedang kamu persiapkan di masa depan. Teruskan, ya!

5. Punya investasi untuk masa depan

5 Tanda Kamu Punya Kontrol Finansial yang Baik, Harus Dipertahankan!pexels.com/Karolina Grabowska

Selain penghasilan yang stabil, pengeluaran yang tekontrol serta tabungan rutin, investasi jangka panjang menandakan kamu punya kontrol keuangan yang baik. Karena investasi adalah faktor penting untuk masa depanmu. Baik itu sektor riil (properti) atau non riil (obligasi, saham, reksadana), investasi akan menunjang biaya hidup serta mampu memenuhi kebutuhan dan keinginanmu di masa tua termasuk anak dan cucumu kelak. 

Jadi, kamu sudahkah kamu memenuhi lima hal di atas? Pertahankan jika sudah. Sebaliknya, kamu bisa memulainya dengan perlahan jika belum. 

Baca Juga: 4 Cara Jitu Mengelola Keuangan Supaya Gak Tekor di Bulan Ramadan

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya