Comscore Tracker

Terapkan 5 Prinsip Ini agar Konsisten Menabung Buat Nonton Konser KPop

Biar impian ketemu idolamu jadi nyata!

Bisa menyaksikan langsung penampilan dari sang idola bisa jadi cita-cita semua penggemar KPop. Sayangnya angan-angan tersebut kerap kali gagal terwujud karena alasan finasial.

Dibandingkan festival musik yang menghadirkan artis dalam negeri, konser bintang KPop memiliki harga tiket yang selangit. Rata-rata untuk kelas penonton paling murah dibanderol dengan harga lebih dari 1 juta rupiah.

Tentu bagi KPopers kalangan pelajar dan mahasiswa, nominal tersebut bukan angka yang kecil. Apalagi bila orang tua sudah tak merestuai dan enggan membiayai, langkah satu-satunya agar bisa nonton konser hanyalah dengan menabung dalam jangka waktu yang panjang.

Hambatannya bukan hanya itu, di tengah proses menabung dan mengumpulkan uang untuk tiket konser, kadang kali banyak godaan dan cobaan yang menerpa. Walhasil, tak sedikit penggemar yang meskipun telah memiliki niat yang kuat mau menabung justru gagal terrealisasi karena beragam alasan.

Banyak godaan yang menghampiri setiap kali seseorang ingin konsisten menabung, terutama bagi KPopers. Namun, sepertinya kamu harus pelajari dan tanamkan 5 prinsip ini agar konsisten dalam menabung.

1. Matangkan perencanaan

Terapkan 5 Prinsip Ini agar Konsisten Menabung Buat Nonton Konser KPoppexels/startup stock photos

Sebelum memulai mengumpulkan uang, pastikan kategori tiket mana yang akan kamu beli. Beberapa konser atau fan meeting bintang KPop, rentan harga tiketnya rata-rata 900 ribu hingga 3 atau 4 juta rupiah.

Jika sudah memilih kategori tiket apa yang akan dibeli, buat perencaanaan tabungan dengan skema yaitu membagi harga tiket dengan periode waktu menabung. Sehingga bisa kamu dapatkan dalam sebulan atau seminggu berapa besaran uang yang harus kamu setor agar dalam periode waktu yang ditentukan uangnya bisa terkumpul dan cukup untuk membeli satu tiket yang diinginkan.

2. Kurangi belanja merchandise

Terapkan 5 Prinsip Ini agar Konsisten Menabung Buat Nonton Konser KPopinstagram.com/tabungan.kpopers

Godaan paling berat selama menabung bagi KPopers tentunya adalah meredam hasrat untuk berburu hiasan atau merchandise sang idola. Agar pengeluaranmu tidak membengkak, mulailah mengurangi belanja yang kurang penting yang sifatnya bisa ditunda.

Jangan sampai karena keinginan untuk membeli hiasan-hiasan KPop justru menjadi batu sandungan yang membuat cita-cita untuk nonton konser justru gagal tercapai. Fokuslah untuk menabung untuk membeli tiket konser, berburu merchandise bisa kamu lakukan setelah tabungan tiket konsermu sudah cukup.

Baca Juga: Sukses Konser di Indonesia, 5 Bukti Super Junior Grup KPop Rasa Lokal

3. Jangan bebankan kebutuhan pokok

Terapkan 5 Prinsip Ini agar Konsisten Menabung Buat Nonton Konser KPopPexels/pixabay

Prinsip ini ajeg berlaku bukan hanya bagi KPopers, tapi juga siapa pun yang sedang berniat untuk menabung. Jangan sampai karena keinginan yang besar untuk bisa nonton konser idola, kebutuhan pokok sehari-hari justru terabaikan.

Sebelum menyisihkan uang tabungan, pastikan arus keuanganmu masih dalam kondisi normal. Dalam artian, alokasikan uangmu terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan primer, seperti sandang, pangan, papan, setelah itu sisanya barulah dipakai untuk menabung.

Jangan sekali-kali memaksakan mengurangi uang makan dan biaya hidup lainnya untuk sekadar menabung konser KPop.

4. Buat tabungan khusus dan simpan di tempat yang sulit dijangkau

Terapkan 5 Prinsip Ini agar Konsisten Menabung Buat Nonton Konser KPopPixabay

Hal ini juga tak kalah pentingnya, buatlah penyimpanan khusus untuk menampung tabunganmu, jangan dicampurkan dengan tabungan lainnya. Pasalnya, jika penyimpanan tidak dikelola dengan baik, di waktu mendatang kamu akan kesulitan memisahkan mana uang untuk nonton konser dan mana uang tabungan untuk keperluan lainnya.

Selain itu, simpan tabunganmu di tempat yang sulit terjangkau, karena sering kali ketidak konsistenan dalam menabung disebabkan karena mudahnya uang untuk dipakai dan diambil kapan pun.

5. Jangan menunda dan mulai menabung dari jauh-jauh hari

Terapkan 5 Prinsip Ini agar Konsisten Menabung Buat Nonton Konser KPoppexels/maitree rimthong

Setelah memiliki perencanaan yang matang, kini saatnya kamu harus memiliki inisiatif untuk mulai menabung. Beberapa orang biasanya sudah membuat skema tabungan yang matang namun terlalu mengulur waktu saat ingin memulai, walhasil rencana tersebut justru gagal terelasiasi.

Mulailah menabung dari jauh-jauh hari agar periode untuk mengumpulkan uangnya jadi lebih panjang, sehingga setorannya pun tidak terlalu memberatkan. Apalagi kelebihan dari konser KPop biasanya pengumumannya muncul beberapa bulan menjelang tanggal kedatangan mereka ke Indonesia, sehingga waktu untuk menabung juga masih lama.

Pokoknya, hal pertama yang harus kamu siapkan sebelum nonton konser KPop grup favoritmu adalah memperisiapkan uang tiketnya. Jika kamu konsisten menabung, pasti impian ketemu idolamu pasti tercapai kok! Semangat, ya!

Baca Juga: KPopers Harus Tahu! Beda Konser, Fan Meeting, Showcase, dan Fansign

Abdul Azis Said Photo Writer Abdul Azis Said

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya