Comscore Tracker

5 Tips Menabung dengan Mudah agar Keuangan Tetap Stabil

Menabung adalah pembentukan perilaku 

Sedari kecil mungkin kamu sudah familier dengan cara menabung agar dapat membeli sesuatu yang diinginkan. Akan tetapi, semakin dewasa perencanaan dalam menabung menjadi lebih kritis.

Kamu yang saat ini sedang kuliah atau bekerja mungkin mengalami krisis ketika ingin menabung. Beberapa hal menghambatmu untuk menyisihkan sebagian uang. Oleh karena itu, berikut beberapa tips menabung agar kamu tidak perlu ribet dan keuanganmu juga lebih stabil.

1. Tidak perlu memaksa untuk menyisihkan uang dalam jumlah besar 

5 Tips Menabung dengan Mudah agar Keuangan Tetap Stabililustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Pemikiran awam pada saat menabung terutama ketika pertama kali ialah jumlah yang ditabung haruslah banyak. Hal tersebut mungkin terlihat seperti strategi yang bagus dan dapat mempercepat menuju target. Akan tetapi, itu sebenarnya tidaklah efektif dan dapat membebani dirimu.

Memasukan jumlah yang terlalu banyak tanpa memikirkan pembagian kebutuhan terhadap uang, berarti hanya asal-asalan. Bertambahnya uang di tabungan harus sebanding dengan keperluan kita menggunakan uang. Tidak perlu banyak, sesuaikan dengan yang kamu inginkan saja itu jauh lebih baik.

2. Miliki tujuan akan tabungan yang dipergunakan nanti 

5 Tips Menabung dengan Mudah agar Keuangan Tetap Stabililustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Keinginan membeli sesuatu menjadi salah satu alasan motivasi orang menabung. Menentukan sesuatu tujuan menggunakan uang tersebut akan berdampak pada proses menabung. Ketika menentukan suatu target menabung, waktu dan jumlah menjadi faktor utama.

Jika kamu memiliki suatu tujuan dan tahu kapan harus mendapatkannya dan berapa yang harus dikeluarkan, cobalah untuk membuat jadwal. Jadwalkan menabung semampu yang dapat kamu bisa. Dengan konsisten melakukannya, tujuanmu akan dicapai dengan tepat.

3. Peningkatan kualitas mengelola keuangan dengan menabung secara bebas 

5 Tips Menabung dengan Mudah agar Keuangan Tetap Stabililustrasi menghitung uang (pexels.com/maitree rimthong)

Menabung juga bisa kamu lakukan tanpa adanya target agar menjadi suatu kebiasaan baik. Tanpa memikirkan jumlah yang kamu keluarkan dan tanpa memikirkan waktu kapan harus berhenti. Kamu akan beruntung ketika dihadapkan sesuatu yang mendadak.

Manfaat lainnya adalah kamu akan terbiasa dan lebih baik dalam mengelola uang. Selain itu, tidak ada kekhawatiran jika suatu saat tanpa diduga kamu mengalami kerugian karena adanya cadangan. Hasilnya, kemampuan mengelola keuanganmu akan jadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Tips Menabung Tanpa Beban, Jangan Tunggu Ada Kebutuhan

4. Pentingkan kebutuhan dahulu kemudian menabung secukupnya

5 Tips Menabung dengan Mudah agar Keuangan Tetap Stabililustrasi membeli makanan (pexels.com/Michael Burrows)

Ambisi dalam menabung merupakan hal yang baik jika tidak berlebihan. Akan tetapi, akan salah ketika kamu menjadikan pengeluaran untuk kebutuhanmu sebagai tabungan. Menabung adalah tentang menyisihkan sisa dan dikumpul, bukan membatasi pengeluaran yang kamu butuhkan.

Kamu tidak perlu memotong biaya kebutuhanmu untuk sekadar memenuhi target. Gunakanlah uang seperti biasa, tapi usahakan untuk berhemat. Batasi atau menghentikan sementara apa yang kamu inginkan, dengan begitu kebutuhan akan tetap terpenuhi dan keuangan tetap stabil.

5. Konsistensi 

5 Tips Menabung dengan Mudah agar Keuangan Tetap Stabililustrasi menabung (pexels.com/Joslyn Pickens)

Satu hal paling penting yang menjadi dasar menabung adalah konsistensi. Kamu keliru jika berpikir bahwa menabung ditentukan oleh perilaku dalam menggunakan uang dan durasi.

Kamu bisa mencoba untuk konsisten dalam menabung. Caranya mudah, setiap kali terdapat sisa uang dari belanja, tabung sedikit demi sedikit. Bisa juga dengan menyisihkan beberapa uang ketika gajian, dan masih banyak lagi cara lainnya.

Aturlah sesuai kebutuhan agar menabung tidak menjadi beban keuangan. Menyisihkan setiap uang yang tidak dipakai untuk ditabung akan jauh lebih bermanfaat daripada dihabiskan untuk keinginan sementara. Banyak hal terjadi secara mendadak, dan dengan menabung berarti kamu sudah mempersiapkannya.

Baca Juga: 5 Tips Biar Gak Boros, Keuangan Aman Sampai Akhir Bulan

Adam Ghifari Photo Writer Adam Ghifari

Menulis untuk manfaat diri dan orang lain

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya