Comscore Tracker

5 Tips Mengatur Uang yang Patut Diterapkan Fresh Graduate saat Kerja

Fresh graduate harus atur pengeluaran

Kamu yang fresh graduate akan mengalami masa transisi di mana kamu harus menyesuaikan diri dengan segala keadaan yang berubah, termasuk soal keuangan ketika mulai bekerja. Maka dari itu kali ini kita akan membahas beberapa tips mengatur uang bagi kamu yang baru mau mulai kerja, supaya tidak stres dan hidup lebih terorganisir. Yuk simak lima di antaranya di bawah ini.

1. Membeli barang berdasarkan kepentingan

5 Tips Mengatur Uang yang Patut Diterapkan Fresh Graduate saat KerjaPexels.com/Freestocks.org

Pertama-tama kamu harus tahu kalau berfoya-foya bukanlah kebiasaan yang baik, apalagi saat kamu menjadi fresh graduate dan masuk ke dalam dunia kerja. Buatlah perencanaan setiap pengeluaranmu dan membeli barang berdasarkan kepentingan. Dahulukan pengeluaran yang benar-benar penting dan menjadi prioritas bagimu, ya.

2. Menghindari utang sebisa mungkin

5 Tips Mengatur Uang yang Patut Diterapkan Fresh Graduate saat KerjaPexels.com/Bruce Mars

Tips yang kedua adalah kamu sebaiknya menghindari berutang sebisa mungkin, dan kalau mempunyai utang usahakan melunasinya secepat mungkin. Karena utang hanya akan membuatmu pusing dan stres, sangat tidak baik bagi kamu yang fresh graduate.

3. Selalu menyediakan dana darurat

5 Tips Mengatur Uang yang Patut Diterapkan Fresh Graduate saat KerjaPexels.com/Alexander Mils

Masih berhubungan dengan tips yang kedua, tips yang ketiga adalah kamu sebaiknya menyimpan dana untuk kebutuhan darurat. Jadi jika ada suatu hal yang tidak direncanakan terjadi, kamu jadi tidak perlu berutang dengan orang lain. Karena tidak ada yang tahu apa yang terjadi di masa depan, kan? 

Baca Juga: 5 Trik Jitu Menabung untuk Fresh Graduate, Belajar Atur Keuanganmu  

4. Berinvestasi atau menabung

5 Tips Mengatur Uang yang Patut Diterapkan Fresh Graduate saat KerjaPexels.com/Skitterphoto

Selanjutnya adalah kamu sebagai fresh graduate bisa mulai belajar untuk berinvestasi, yang mana uang yang kamu miliki berkembang sedikit demi sedikit. Selain itu kamu juga bisa menabung untuk masa depanmu, dengan begitu kamu jadi terbiasa untuk hidup hemat dan tidak boros dalam membelanjakan uang karena memiliki rencana.

5. Membiasakan gaya hidup minimalis

5 Tips Mengatur Uang yang Patut Diterapkan Fresh Graduate saat KerjaPexels.com/Alan Retratos

Kemudian tips terakhir adalah dengan menjalani gaya hidup minimalis. Bukan hanya biaya tempat tinggal dan anggaran bulanan saja yang kamu minimalkan, tapi juga memaksimalkan setiap barang yang kamu beli. Dalam artian setiap barang yang kamu beli adalah barang serba guna yang berfungsi maksimal untuk hidupmu. Dengan begitu tidak ada pengeluaran sia-sia yang kamu lakukan.

Itulah beberapa tips mengatur uang yang berguna banget untuk kamu fresh graduate yang baru mulai bekerja. Kamu sudah menerapkan yang mana?

Baca Juga: 6 Prinsip Cerdas Mengatur Keuangan Agar Cepat Kaya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya