Comscore Tracker

5 Tips Agar Tetap Hemat Meski Kamu Sudah Bekerja dan Hidup Mapan

Karena hidup berkecukupan bukan berarti harus boros, kan?

Hidup berkecukupan dan punya pekerjaan menjanjikan tentu impian semua orang, yang mana membuat orang-orang menginginkannya agar bisa membeli ini itu dan memenuhi keinginan pribadinya. Padahal menjadi seorang yang mapan bukan berarti harus menjadi boros, lho. Justru menjaga diri untuk tetap hemat sangatlah penting, tapi bagaimana caranya?

Maka dari itu kali ini kita akan membahas lima tipsnya supaya kamu tetap menjadi pribadi yang hemat meski sudah bekerja dan hidup mapan. Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

1. Memilih gaya hidup minimalis

5 Tips Agar Tetap Hemat Meski Kamu Sudah Bekerja dan Hidup MapanPexels.com/Andrea Piacquadio

Tipsnya yang pertama dan paling besar pengaruhnya dalam berhemat ialah dengan memilih gaya hidup minimalis. Jika kamu belum mengetahuinya, hidup dengan minimalis berarti meminimalisir sifat konsumtif dengan memaksimalkan setiap barang yang dibeli. Jadi kamu mengeluarkan uang memang untuk sesuatu yang berguna dan membantu kehidupanmu.

2. Rem sifat konsumtifmu setiap datang ke pusat perbelanjaan

5 Tips Agar Tetap Hemat Meski Kamu Sudah Bekerja dan Hidup MapanPexels.com/Rodnae Productions

Kedua, kamu bisa menjaga diri untuk tetap hemat dengan mengerem sifat konsumtifmu setiap pergi ke tempat pusat perbelanjaan. Bukan berarti pelit pada diri sendiri, akan tetapi menghindari pemborosan untuk membeli sesuatu yang cuma karena keinginan sesaat saja. Tentu sayang uangnya, kan? Karena hidup mapan bukan berarti kamu harus jadi boros.

3. Catat secara terperinci semua pengeluaranmu agar bisa lebih mudah untuk intropeksi

5 Tips Agar Tetap Hemat Meski Kamu Sudah Bekerja dan Hidup MapanPexels.com/Andrea Piacquadio

Selanjutnya tips yang ketiga ialah mencatat semua pengeluaran yang kamu lakukan dalam sebulan secara rinci agar kamu bisa intropeksi dan mengetahui bagaimana kebiasaanmu dalam menggunakan uang. Dengan begitu lain kali kamu pun bisa belajar untuk lebih bijak.

Baca Juga: 8 Manfaat Beli HP Bekas, Hemat dan Ramah Lingkungan

4. Selalu ingat prioritas utama hidupmu

5 Tips Agar Tetap Hemat Meski Kamu Sudah Bekerja dan Hidup MapanPexels.com/Andrea Piacquadio

Mengingat prioritas utama dalam hidupmu juga bisa menjaga dirimu untuk tetap hemat. Misalnya, kamu harus mengutamakan biaya pengobatan untuk keluarga, ingin membeli rumah atau bahkan mengembangkan investasi demi rencana masa depan. Mengingat prioritas seperti ini dinilai ampuh untuk menahan keinginan untuk memboroskan uang.

5. Bersenang-senanglah demi membahagiakan diri tapi jangan berlebihan, ya

5 Tips Agar Tetap Hemat Meski Kamu Sudah Bekerja dan Hidup MapanPexels.com/Fauxels

Jika kamu tipe orang yang suka bersenang-senang bersama teman maka lakukanlah untuk membahagiakan dirimu sendiri, tapi ingat untuk tidak boros dan lakukanlah dengan sewajarnya saja, gak perlu berlebihan. Dengan begitu kamu pun tetap bisa bahagia namun menjaga diri tetap hemat di waktu bersamaan.

Intinya kalau kamu mau hemat meski sudah bekerja dan hidup mapan harus konsisten dalam menjaga sifat konsumtif, dan terapkan juga beberapa tips di atas tadi. Jadi pandai-pandailah mengatur pemasukan dan pengeluaranmu, ya!

Baca Juga: 6 Alasan Perlu Lebih Berhati-hati kalau Mau Mengeluh Soal Uang 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya