Comscore Tracker

Para Generasi Sandwich, Jangan Takut berkonflik dengan Orang Tua!

Soal generasi sandwich dibahas abis di IMGS 2022

Jakarta, IDN Times - Certified financial planner, Annisa Steviani, menyatakan para millennial dan gen-z yang menjadi generasi sandwich perlu berkonflik dengan orang tua untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi salah satu pembicara dalam diskusi bertajuk Sandwich Generation: The Impact and How to Handle it dalam acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022, stage Visionary Leaders by IDN Times di The Tribrata, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022).

“Berkonflik itu perlu. Kalau bisa sampai menangis karena setelahnya bisa berdiskusi dan menyelesaikan masalah,” kata dia.

Annisa beranggapan, konflik diperlukan karena akan memancing komunikasi yang efektif. Hal itu akan berakhir pada ditemukannya solusi.

“Banyak yang menghindari untuk berkonflik karena beranggapan harus menjaga perasaan masing-masing. Tapi karena itu, solusinya jadi tidak ketemu,” kata dia.

Tak hanya itu, Annisa juga meminta para millennial dan gen-z untuk pintar membaca situasi. Ia meminta untuk mencari waktu yang tepat untuk berdiskusi.

“Komunikasinya harus berubah-ubah. Coba komunikasi di pagi hari karena kalau malam hari biasanya sudah capek habis aktivitas. Lalu, coba komunikasi sambil ajak makan di luar,” tuturnya.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE. 

IMGS 2022 menghadirkan sekitar 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix. 

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Riset: 51 Persen Gen Z Sudah Memiliki Dompet Digital

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya