Comscore Tracker

4 Cara Memilih Perusahaan Asuransi, Pemula Wajib Tahu!

Asuransi digunakan untuk proteksi dari risiko

Jakarta, IDN Times - Selain dana darurat, asuransi merupakan satu hal yang penting untuk dimiliki, baik oleh kalangan muda maupun dewasa. Apalagi di masa pandemi ini, kesehatan menjadi hal pertama yang harus dijaga.

Ketika memiliki asuransi, maka risiko kesehatan dan sebagainya bisa mendapatkan cover atau perlindungan. Dengan memiliki asuransi setidaknya dampak kerugian yang ditimbulkan dari suatu risiko dapat dikurangi. 

Dari sekian banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia, penting untuk pemula tahu beberapa cara memilih perusahaan asuransi yang benar agar terhindar dari kerugian maupun gagal bayar. 

Baca Juga: Mengenal Asuransi Jiwa dengan Pengembalian Premi, Yay or Nay?

1. Pilih perusahaan yang legal dan memiliki kinerja yang baik

4 Cara Memilih Perusahaan Asuransi, Pemula Wajib Tahu!Ilustrasi perusahaan (Unsplash.com/Floriane Vita)

Dalam memilih perusahaan jasa asuransi tentunya harus dipastikan bahwa perusahaan tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk memastikan hal tersebut, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu di laman OJK atau di lama perusahaan asuransi yang ingin dituju. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui bahwa perusahaan tersebut legal adanya.

Selain legal, kinerja perusahaan juga harus dipertimbangkan. Biasanya, perusahaan yang masih berdiri kuat sampai puluhan tahun dan berpeluang untuk tetap maju di masa mendatang, dapat dipercaya kinerjanya. 

Hal tersebut dibuktikan dari adanya pengalaman yang panjang, jaringan yang luas, pondasi yang kuat, pengetahuan yang dalam serta keterampilan yang terasah. Sehingga kemungkinan perusahaan untuk pailit menjadi kecil. 

2. Memiliki tingkat rasio likuiditas yang tinggi

4 Cara Memilih Perusahaan Asuransi, Pemula Wajib Tahu!pexels.com/Eduardo Rosas

Rasio likuiditas merupakan suatu tolak ukur yang dipakai untuk menilai seberapa mampu sebuah perusahaan asuransi dalam membayar utang jangka pendeknya. Jadi, semakin tinggi rasio likuiditas sebuah perusahaan asuransi, maka akan semakin aman perusahaan tersebut. 

3. Memiliki tingkat rasio RBC yang tinggi

4 Cara Memilih Perusahaan Asuransi, Pemula Wajib Tahu!Ilustrasi aset/perusahaan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Cara  memilih perusahaan asuransi berikutnya adalah dengan melihat performa perusahaan berdasarkan risk based capital (RBC) atau suatu tolak ukur untuk melihat sehat tidaknya suatu perusahaan asuransi. Jika tingkat RBC tinggi, maka dapat dikatakan bahwa perusahaan asuransi tersebut semakin sehat dan aman. 

4. Pelayanan customer service yang responsif

4 Cara Memilih Perusahaan Asuransi, Pemula Wajib Tahu!Pixabay

Pelayanan customer service (CS) yang responsif dimanapun penting adanya, namun dalam hal asuransi, CS yang responsif sangat membantu orang yang masih awam dalam hal asuransi dan membutuhkan banyak informasi terkait produk asuransi. 

Tidak hanya itu, CS yang mau membantu serta dapat memberikan solusi tentu akan sangat menjamin kepercayaan nasabah. Customer Service di perusahaan asuransi yang menjadi lini terdepan adalah agen asuransi, staf back office, serta staf call center asuransi. 

Jadi, kamu dapat melihat kinerja para CS perusahaan asuransi sebelum memutuskan untuk menggunakan layanannya. Kalau di awal saja CS tidak banyak membantu, sudah pasti kamu akan kesulitan ke depannya. Berlaku juga sebaliknya. 

Baca Juga: 5 Alasan Millennial Perlu Punya Asuransi, Jangan Tunggu Tua!

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya